Inovasi AI: Sosialiasi Robot Personal Assistant untuk Digitalisasi KIR 03

  • Lindawati Lindawati Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Irma Salamah Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Michelle Valerie Politeknik Negeri Sriwijaya
  • RD Kusumanto Politeknik Negeri Sriwijaya

Abstrak

Penerapan teknologi kecerdasan buatan (AI) terus mengalami kemajuan pesat dan memiliki potensi yang luar biasa dalam mendukung transformasi digital di berbagai sektor. Dalam rangka pengembangan ekstrakurikuler di KIR 03, dilaksanakan sosialisasi inovasi AI dengan memanfaatkan robot personal assistant guna mendorong digitalisasi. Tujuan utama dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman peserta mengenai manfaat dan potensi penggunaan teknologi AI dalam konteks kegiatan ekstrakurikuler. Pendekatan yang digunakan meliputi penyampaian materi presentasi yang mendalam, interaksi tanya jawab yang aktif, serta dokumentasi kegiatan secara komprehensif. Hasil analisis data dari kuesioner menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta setelah dilakukan sosialisasi. Respon positif peserta terhadap manfaat dan kemudahan penggunaan robot personal assistant menggambarkan kesuksesan sosialisasi ini. Sosialisasi ini memberikan implikasi potensial yang kuat dalam mendukung digitalisasi di KIR 03 dan berkontribusi bagi masyarakat pada umumnya.

Referensi

Alvendri, D., Giatman, M., & Ernawati, E. (2023). Transformasi Pendidikan Kejuruan: Mengintegrasikan Teknologi IoT ke dalam

Kurikulum Masa Depan. Journal of Education Research, 4(2), 752–758.

Anggreini, D., & Priyojadmiko, E. (2022). Peran guru dalam menghadapi tantangan implementasi merdeka belajar untuk meningkatkan pembelajaran matematika pada era omicron dan era society 5.0. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST, 1(1), 75–87.

Anwar, S. (2019). Revolusi industri 4.0 Islam dalam merespon tantangan teknologi digitalisasi. Jurnal Studi KeIslaman, 8(2), 16–28.

Erwin, E., Pasaribu, A. W., Novel, N. J. A., Thaha, A. R., Adhicandra, I., Suardi, C., Nasir, A., & Syafaat, M. (2023). TRANSFORMASI DIGITAL. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Febriani, N., Rahmawati, F. D., & Tapo, M. M. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Digitalisasi melalui “Main Semi†untuk Mewujudkan Desa Vokasional di Kalisoka, Tuksono, Sentolo, Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7850–7860.

Morelli, N. (2015). Challenges in designing and scaling up community services. The Design Journal, 18(2), 269–290. https://doi.org/doi.org/10.2752/175630615X14212498964394

Putra, R. K. T., Saputro, F. R., Hakim, L., Ramadhan, Y., & Fuadin, A. (2023). Fenomena ChatGPT: Peningkatkan civic skill digital native generation. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(2), 140–147.

Wisesa, A. R. (2023). INOVASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE SEBAGAI FINANCIAL ADVISOR KEMENTERIAN KEUANGAN. SWATANTRA, 21(1), 1–8.

Zebua, R. S. Y., Hendriyani, C., Sukmadewi, R., Thaha, A. R., Tahir, R., Purbasari, R., Novel, N. J. A., Dewintari, P., Paramita, C. C. P., & Hierdawati, T. (2023). BISNIS DIGITAL: Strategi Administrasi Bisnis Digital untuk Menghadapi Masa Depan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Diterbitkan
2023-10-05
Bagian
Articles