Meningkatkan Volume Penjualan Pedagang Pasar Melalui Implementasi E-Commerce

  • Yudas Tadius Andi Candra Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Zaenal Wafa Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Musawir Musawir momojogja50@gmail.com

Abstrak

The economic disruption makes conventional traders experience a decrease in sales turnover because they cannot compete with online traders. Most traders at Pakem market only sell in the conventional way because they do not have knowledge in terms of buying and selling online. This resulted in the turnover of traders who increasingly decreased day by day. The purpose of this service is to increase the sales volume of Pakem Market traders through the implementation of e-commerce. The service team started counseling and assistance in introducing social media and the marketplace as one of the sales channels that could be utilized by traders. After that, the service team began to guide traders in creating good marketing content by implementing the AIDA concept (Awerness, Interest, Desire, Action). Then the marketing content will be used as sales content in making sales on social media and also in the marketplace. This counseling and assistance has been carried out online and offline. In practice, Pasar Pakem traders are directly involved in creating marketing content and immediately try to put it into practice. This service runs smoothly and the purpose of this service can be achieved because of the cooperation and participation of all parties.

Keywords: AIDA; e-commerce; market marketing


Abstrak: Disrupsi ekonomi ini membuat pedagang konvensional mengalami penurunan omset karena kalah dengan pedagang online. Hal ini juga terjadi pada para pedagang di Pasar Pakem. Sebagian besar pedagang hanya berjualan dengan cara konvensional saja karena mereka tidak memiliki pengetahuan dalam hal jual beli secara online. Hal ini mengakibatkan omset pedagang yang semakin hari semakin mengalami penurunan. Tujuan dari pengabdian ini adalah meningkatkan volum penjualan pedagang Pasar Pakem melalui implementasi e-commerce. Tim pengabdi memulai penyuluhan dan pendampingan dalam mengenalkan sosial media dan      marketplace sebagai salah satu saluran penjualan yang bisa dimanfaatkan oleh pedagang. Setelah itu tim pengabdi mulai membimbing para pedagang dalam pembuatan konten marketing yang baik dengan mengimplementasikan konsep AIDA (Awerness, Interest, Desire, Action). Konten marketing tersebut selanjutnya akan digunakan sebagai materi dalam melakukan penjualan di sosial media dan juga di marketplace. Penyuluhan dan pendampingan ini dilakukan secara online dan offline. Dalam pelaksanaannya pedagang Pasar Pakem secara langsung terlibat dalam pembuatan konten marketing dan langsung mencoba mempraktekkannya. Pengabdian ini berjalan dengan lancar dan tujuan pengabdian ini bisa tercapai karena kerjasama dan partisipasi dari semua pihak.

Kata kunci: AIDA; e-commerce; pasar; marketing

Referensi

Ana, et.al. (2021). Pengaruh Pemasaran Media Online Dan Marketplace Terhadap Tingkat Penjualan Produk Umkm Cn Collection Di Sidoarjo. Jurnal Media Ma-hardika.

Ardy, Chyntia Komala (2021). Pengaruh Sosial Media Market-ing dan Marketplace terhadap Minat Beli Produk Tree-X. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis.

Buchari Alma (2018). Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Ekawati, Y. P., & Mardiana Andarwati (2021). Analisis Pengguna Me-dia Sosial dan Marketplace Ter-hadap Peningkatan Volume Penjualan Di UMKM Kab. Ma-lang Di Masa Pandemi Covid-19 (Tinjauan Anomali Teknolo-gi). Seninar Nasional Sistem In-formasi 2021.

Faisal, Indra & Romano (2020). Pengaruh E-Commerce Ter-hadap Minat Beli Konsumen Terhadap Produk Sayuran Di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian.

Gary Vaynerchuk (2020). Crushing It!. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kembang, L. P., Mahmud & Lalu, D. S. (2021). Pengaruh Sosial Media Pemasaran Terhadap Penjualan Hasil Industri Kerajinan Tenun Songket Rumahan Di Lombok Tengah. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana.

Kiyosaki, R. T. (2021). Rich Dad Poor Dad. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kotler & Keller (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Yogyakarta: Erlangga.

Robani, A., & Wasiso, A. (2019). Scale Up Jilid 1. Yogyakarta: Santara Publishing.

Widyayanti, Evi Rosalina (2019). Pengaruh Marketplace terhadap Peningkatan Pendapatan UKM (Studi Kasus pada UKM di Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Optimum.

Diterbitkan
2023-01-28
Bagian
Articles