Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Membantu Peningkatan Daya Saing Umkm
Abstract
Abstract: The adoption of information technology to support the running of MSME business in the era of the COVID-19 pandemic is an absolute choice. So far, the low adoption of information technology by MSME is due to low awareness of the benefits of information technology for their business and the low ability to use information technology. Higher education institutions can assist MSME with qualified resources and capabilities in utilizing information technology in carrying out business operations to increase their business support capacity. One way of working together is through the partnership method. UMKM will become partners for students who take project-based learning. Based on the feedback from the evaluation of this learning method, the results were that both parties received a positive impact from this learning method. UMKM players will get input, knowledge, and project output products based on information technology, while students will get real experience so that they can increase the effectiveness of understanding the material they get.
Keywords: information technology adoption; msmes; project based learning; project management.
Abstrak: Pengadopsian teknologi informasi untuk mendukung berjalannya usaha bisnis UMKM di era pandemi COVID-19 menjadi pilihan mutlak. Selama ini, rendahnya adopsi teknologi informasi oleh pelaku UMKM dikarenakan faktor rendahnya kesadaran terhadap manfaat teknologi informasi terhadap bisnisnya hingga rendahnya kemampuan penggunaan teknologi informasi. Faktor-faktor ini dapat dibantu oleh pihak perguruan tinggi yang memiliki sumber daya dan kapabilitas yang mumpuni dalam hal pemanfaatan teknologi informasi untuk membantu para pelaku UMKM dalam menjalankan operasional usaha hingga meningkatkan daya dukung usahanya. Salah satu cara kerja sama adalah melalui metode kemitraan. UMKM akan menjadi mitra bagi para mahasiswa yang mengikuti pembelajaran berbasis proyek. Berdasarkan timbal balik dari evaluasi metode pembelajaran ini, hasilnya kedua belah pihak menerima dampak positif dari metode pembelajaran ini. Pelaku UMKM akan mendapatkan masukan, ilmu, hingga produk luaran proyek yang berbasis teknologi informasi, sedangkan para mahasiswa akan mendapatkan pengalaman nyata sehingga dapat meningkatkan efektifitas pemahaman materi yang diperolehnya.
Kata kunci: manajemen proyek; pembelajaran berbasis proyek; pemanfaatan teknologi informasi; umkm.
References
Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS PROYEK SALAH SATU SOLUSI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI TENGAH PANDEMI COVID-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. Universitas Mataram.
Basry, A., & Malays Sari, E. (2018). PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) PADA USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM). IKRA-ITH INFORMATIKA : Jurnal Komputer dan Informatika (Vol. 2). Retrieved March 5, 2021, from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-informatika/article/view/266
Cakti, A. (2020, April 28). Prospek bisnis daring di era pandemi COVID-19. Retrieved March 4, 2021, from https://www.antaranews.com/berita/1448428/prospek-bisnis-daring-di-era-pandemi-covid-19
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. STIE PGRI Dewantara Jombang. Retrieved March 5, 2021, from http://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/JMD/issue/view/32
Hadi, A. S., & Ardhi Khairi. (2020). PEMILIHAN STRATEGI PEMASARAN DI ERA DIGITAL PADA KELOMPOK IBU PKK DESA GADINGHARJO. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 127–132. Universitas Lancang Kuning. Retrieved March 5, 2021, from https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3246
Hakim, A., Setyosari, P., Degeng, N., & Kuswandi, D. (2018). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN (PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK vs PEMBELAJARAN LANGSUNG) DAN MOTIVASI BELAJAR. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 3(1), 1–13. State University of Malang (UM). Retrieved March 5, 2021, from http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/2339
Jayani, D. H. (2021, January 29). Nilai Transaksi E-Commerce Mencapai Rp 266,3 Triliun pada 2020. Retrieved March 5, 2021, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/01/29/nilai-transaksi-e-commerce-mencapai-rp-2663-triliun-pada-2020
Juniarto, D. (2020, June 1). Mencermati Pemanfaatan Teknologi Digital di Era Normal Baru. Retrieved March 4, 2021, from https://tekno.kompas.com/read/2020/06/01/12424927/mencermati-pemanfaatan-teknologi-digital-di-era-normal-baru?page=all
Lubis, T. A., & junaidi, junaidi. (2016). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI KOTA JAMBI. Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, 3(3), 163–174. Retrieved March 5, 2021, from https://online-journal.unja.ac.id/JES/article/view/3535
Mumtahana, H. A., Nita, S., & Tito, A. W. (2017). Pemanfaatan Web E-Commerce untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, 3(1), 6. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. Universitas Negeri Jakarta. Retrieved March 5, 2021, from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpm/article/view/1781
Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN IPA SD MAHASISWA PGSD UNDIKSHA UPP SINGARAJA. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 60–71. Universitas Pendidikan Ganesha. Retrieved March 5, 2021, from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/9059
Santia, T. (2020, April 28). Tren Ekonomi Digital Makin Berkembang di Tengah Pandemi Corona. Retrieved March 5, 2021, from https://www.liputan6.com/bisnis/read/4240030/tren-ekonomi-digital-makin-berkembang-di-tengah-pandemi-corona
Stackpole, C. S. (2013). A User’s Manual to the PMBOK Guide (Fifth.). John Wiley & Sons, Inc. Retrieved March 4, 2021, from https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=if9nmOnj2FcC&oi=fnd&pg=PT10&dq=pmbok+guide&ots=VDH3XwoeSY&sig=sW_ebDJUP2xuNyyWS77WP8E_kIc&redir_esc=y#v=onepage&q=pmbok%20guide&f=false
Sucilestari, R., & Arizona, K. (2018). PENGARUH PROJECT BASED LEARNING PADA MATAKULIAH ELEKTRONIKA DASAR TERHADAP KECAKAPAN HIDUP MAHASISWA PRODI TADRIS FISIKA UIN MATARAM. KONSTAN - JURNAL FISIKA DAN PENDIDIKAN FISIKA, 3(1), 26–35. State Islamic University (UIN) Mataram. Retrieved March 5, 2021, from http://jurnalkonstan.ac.id/index.php/jurnal
Wahid, F., & Iswari, L. (2007). ADOPSI TEKNOLOGI INFORMASI OLEH USAHA KECIL DAN MENENGAH DI INDONESIA. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (Vol. 0). Retrieved March 5, 2021, from https://journal.uii.ac.id/Snati/article/view/1732