Workshop Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Teknologi AI Untuk Guru SD Swasta Islami Annur Air Joman Baru

Cecep Maulana, Irianto Irianto, Muhammad Amin Amin, Salsabila Wirjaya

Abstract


This workshop aimed to enhance teachers' competencies in integrating Artificial Intelligence (AI) technology into English language teaching practices. It began with a needs assessment survey to identify the challenges teachers face in utilizing technology. The implementation methods included interactive training sessions, demonstrations of AI-based applications such as learning chatbots, and hands-on support in designing technology-based lesson plans.The workshop results showed that the pre-test score totaled 1,795, with an average score of 59.83. Following the training, a post-test was conducted to measure the improvement in teachers' understanding through the use of the chatbot application. The post-test score reached 2,520, with an average post-test score of 84.00, reflecting an increase of 30 points. This significant improvement highlighted the teachers' enhanced understanding and skills in using AI to create more dynamic, student-centered learning environments. Teachers expressed greater confidence in exploring innovative teaching methods that boost student motivation and participation. It is hoped that this training model can be adapted to other educational settings to support the sustainable integration of technology.

Keywords: artificial intelligence; english language learning; primary school teachers; AI technology.

 

Abstrak: Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengintegrasikan teknologi Artificial Intelligence (AI) ke dalam praktik pengajaran bahasa Inggris. Pelatihan dimulai dengan survei penilaian kebutuhan untuk mengidentifikasi tantangan yang dihadapi guru dalam memanfaatkan teknologi. Metode pelaksanaannya meliputi sesi pelatihan interaktif, demonstrasi aplikasi berbasis AI seperti chatbot pembelajaran, dan pendampingan langsung dalam merancang rencana pembelajaran berbasis teknologi. Hasil lokakarya menunjukkan bahwa skor pre-test mencapai 1.795, dengan skor rata-rata 59,83. Setelah pelatihan, dilakukan post-test untuk mengukur peningkatan pemahaman guru melalui penggunaan aplikasi chatbot. Skor post-test mencapai 2.520, dengan skor rata-rata post-test 84,00, yang mencerminkan peningkatan sebesar 30 poin. Peningkatan yang signifikan ini menyoroti peningkatan pemahaman dan keterampilan guru dalam menggunakan AI untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan berpusat pada siswa, dan para guru menyatakan kepercayaan diri yang lebih besar dalam mengeksplorasi metode pengajaran inovatif yang dapat meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa. Diharapkan model pelatihan ini dapat diadaptasi ke lingkungan pendidikan lainnya untuk mendukung integrasi teknologi yang berkelanjutan.

Kata kunci: kecerdasan buatan; pembelajaran bahasa inggris; guru sekolah dasar; teknologi AI.


Full Text:

PDF

References


B, I., Thamrin, A. N., & Milani, A. (2024). Implementasi Etika Penggunaan Kecerdasan Buatan (AI) dalam Sistem Pendidikan dan Analisis Pembelajaran di Indonesia. Digital Transformation Technology, 4(1), 714–723. https://doi.org/10.47709/digitech.v4i1.4512

Judijanto, Loso. Rafika Nisa,M. Amin Fatulloh, A.-A. (2024). PENGARUH KECERDASAN BUATAN TERHADAP PENGEMBANGAN KOGNITIF DALAM PENDIDIKAN. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal (JIPKL), 4(1), 358–368. file:///C:/Users/Administrator/Downloads/_PENGARUH+KECERDASAN+BUATAN+TERHADAP+PENGEMBANGAN+KOGNITIF+DALAM+PENDIDIKAN.pdf

Malik, A. R., Januarty, R., Safira, I., Rizal, A., Pembelajaran, D., Dasar, P., & Guru, K. (2024). WORKSHOP DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA SEKOLAH DASAR DI UPT SPF SD INPRES. 5(5), 8403–8407.

Muhammad Munsarif.Muhammad Sam’an. Safuan. (2025). Pemberdayaan Guru melalui Pelatihan Pemanfaatan Kecerdasan Buatan ( AI ) untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Era Digital Teacher Empowerment through Artificial Intelligence ( AI ) Utilization Training to Improve the Quality of Learning in the Digi. ASPIRASI : Publikasi Hasil Pengabdian Dan Kegiatan Masyarakat. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/aspirasi.v3i1.1379

Muyassaroh. (2024). PENDAMPINGAN PENERAPAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN BERBASIS AI UNTUK GURU BAHASA. 2(2). file:///C:/Users/Administrator/Downloads/983-Article Text-3146-1-10-20240827-1.pdf

Nurhayti, stenlly sedubun, Elina lulu Binawati Rumapea, A. (2022). INOVASI PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL.

Suryanto, A. E., Lumbantobing, M. A., & Pancawati, R. (2024). Transformasi Pendidikan Melalui Penggunaan Chatbot : Manfaat , Tantangan , dan Rekomendasi untuk Masa Depan. 06(04), 20466–20477.

Talenta, P. I., Febrianto, A. R., & Palangan, B. I. (2024). Pelatihan Optimalisasi AI dalam Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Guru-Guru MGMP Bahasa Inggris SMA / MA Kota Semarang. 4, 259–269.

Wahyu, T., Mukti, P., Wulandari, M., Purnamaningwulan, R. A., & Baskara, F. X. R. (2024). Pelatihan Penggunaan AI dalam Pengajaran Bahasa Inggris bagi Guru MGMP Bahasa Inggris Kabupaten Bantul. 5(3), 859–869.

Wyman, O., Wang, C., Zhang, M., Sesunan, A., & Yolanda, L. (2023). Peran Teknologi dalam Transformasi Pendidikan di Indonesia. Kemdikbud, 4(2), 1–88.




DOI: https://doi.org/10.33330/jurdimas.v8i2.3754

Article Metrics

Abstract view : 9 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Royal

Copyright © LPPM UNIVERSITAS ROYAL

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.