Penerapan SEO Dalam Pemasaran Digital Produk Kerajinan Tangan Kampung Berkualitas Bangau Putih

Sari Puspita, Gusrino Yanto, Nency Extise Putri, Virginda Putri Nofriyon, Mira Aprila

Abstract


Quality Village Bangau Putih in Parupuk Tabing subdistrict, Padang City, has a handicraft business made from coconut fibre. The problems faced by Kampung Berkualitas Bangau Putih in marketing its products include not utilising technology and the internet, not having an e-commerce website and not knowing about Search Engine Optimization (SEO) methods that can be implemented in digital marketing of handicraft products it produces. In addition, the bookkeeping of financial records still uses manual methods. Therefore, the PKM team held a service activity with a method consisting of several stages, namely conducting a survey to the partner's location to find out the partner's problems, then conducting training according to the partner's needs based on existing problems, then evaluating the results of training and mentoring if there are still obstacles. With this PKM programme, Kampung Berkualitas Bangau Putih understand the importance of technology and the internet in marketing their products and understand digital marketing using the SEO method.

Keywords: digital marketing, kampung berkualitas, search engine optimization, SEO

  

Abstrak: Kampung Berkualitas Bangau Putih yang berada di Kelurahan Parupuk Tabing, Kota Padang, memiliki usaha kerajinan tangan yang terbuat dari serabut kelapa. Beberapa masalah yang dihadapi oleh Kampung Berkualitas Bangau Putih dalam memasarkan produknya diantaranya adalah belum memanfaatkan teknologi dan internet, belum memiliki website e-commerce serta belum mengetahui tentang metode Search Engine Optimization (SEO) yang dapat diimplementasikan dalam pemasaran digital produk kerajinan tangan yang dihasilkannya. Selain itu, pembukuan catatan keuangannya masih menggunakan cara manual. Oleh karena itu, tim PKM mengadakan kegiatan pengabdian dengan metode yang terdiri atas beberapa tahapan, yaitu melakukan survey ke lokasi mitra untuk mengetahui permasalahan mitra, kemudian melakukan pelatihan sesuai dengan kebutuhan mitra berdasarkan permasalahan yang ada, selanjutnya melakukan evaluasi terhadap hasil pelatihan dan pendampingan jika masih terdapat kendala. Dengan adanya program PKM ini, masyarakat Kampung Berkualitas Bangau Putih menjadi paham tentang pentingnya teknologi dan internet dalam pemasaran produknya serta mengerti tentang pemasaran digital dengan metode SEO.

Kata kunci: kampung berkualitas; pemasaran digital; search engine optimization, SEO


Full Text:

PDF

References


Aisyah, H., Puspita, S., & Elizami-harti. (2022). Resource-Based View: Strategi UMKM Di Su-matera Barat Untuk Mencapai Keunggulan Kompetitif. Jurnal Riset Manajemen & Bisnis De-wantara, 5(2), 109–120. https://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/JMD/article/view/1029

Arifin, B., Hudallil, A., & Ahiruddin. (2019). Konsep Digital Marketing Berbasis SEO (Search Engine Optimization) Dalam Strategi Pemasaran. EKOMBIS Sains, 4(02).

Alwendi. (2020). Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha. Jurnal Mana-jemen Bisnis, 17(3).

http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/

Budi Dewanto, F., Habib Purnama Febrian, M., Raihan Amir, M., & Farida Adi Prawira, I. (2023). Penerapan SEO Dalam Strategi Pemasaran Perusahaan. Jurnal MANEKSI, 12(4).

Gumilang, R. R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Pen-ingkatan Penjualan Hasil Home Industri. Jurnal Ilmiah Mana-jemen, 10(1).

Haris Masruri, N. (2022). Kajian Metode SEO Berbasis On-Page Sebagai Strategi Meningkatkan Visibilitas Website Di Serp. Jurnal Teknologi Informasi, 16(1). https://doi.org/10.47111/JTI

Martiyanti, D., Alghifari, M. F., & Aisyah, S. (2024). Pelatihan Pembuatan Search Engine Opti-mization (SEO) sebagai Upaya Mengoptimalkan Pemasaran Dig-ital UMKM. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 5(2), 181. https://doi.org/10.33394/jpu.v5i2.10938

Natasyah, & nasution, M. I. P. (2023). Strategi Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran. Kohesi, 01(11), 21–30.

Supriatna, D., Julisar, & Rahayun-ingsih, D. A. (2022). Penerapan Digital Marketing Melalui Teknik Copywriting Dan SEO Bagi UMKM. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 5(1), 83–94.

Hasriani, Yunus, R., & Hamsinah. (2021). Implementasi Program Kampung Keluarga Berkualitas di Kabupaten Pangkajene Dan Kepulauan. Spirit Publik, 16(2), 2021–2137.




DOI: https://doi.org/10.33330/jurdimas.v8i1.3478

Article Metrics

Abstract view : 35 times
PDF - 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.