Digitalisasi Informasi dan Pembelajaran di SD Muhammadiyah 3 Parepare
Abstract
Digital-based learning is the biggest obstacle faced by partner schools. This has an impact on the accessibility of learning materials and limited information. Therefore, this PKM aims to develop a prototype website for elementary schools to improve the quality and accessibility of education in partner schools. The research method used is a design-based research approach consisting of two semesters. The first semester is used to design and develop a prototype of the school's website, while the second semester is focused on analyzing and testing its effectiveness. The limitation of this study lies in creating a prototype school website that can support the teaching and learning process in schools through digital-based teaching media. The results of this development research are a prototype of a school website that is ready to be tested. The prototype of the school website developed is expected to be a valuable medium for schools, students, and parents to support a more effective and efficient learning process. Thus, this research is expected to open the door to a more inclusive and quality education for all children in Parepare.
Keywords: Digital-based open media; Design-based research prototype; Learning effectiveness; Basic education; Web-based school;
Pembelajaran berbasis digital menjadi kendala terbesar yang dihadapi oleh sekolah mitra. Hal ini berdampak pada aksesibilitas materi pembelajaran dan informasi yang terbatas. Oleh karena itu, PKM ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah prototipe website untuk sekolah dasar sebagai solusi untuk meningkatkan kualitas dan aksesibilitas pendidikan di sekolah mitra. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan design based research, yang terdiri dari dua semester. Semester pertama digunakan untuk merancang dan mengembangkan prototipe website sekolah, sementara semester kedua difokuskan pada analisis dan pengujian efektivitasnya. Batasan kajian ini terletak pada pengembangkan prototipe website sekolah yang dapat memberikan dukungan terhadap proses belajar mengajar di sekolah melalui media ajar berbasis digital. Hasil dari penelitian pengembangan ini berupa prototipe website sekolah yang siap untuk diujicobakan. Prototipe website sekolah yang dikembangkan diharapkan dapat menjadi media yang bermanfaat bagi sekolah, siswa, dan orang tua dalam mendukung proses pembelajaran yang lebih efektif dan efisien. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan mampu membuka pintu menuju pendidikan yang lebih inklusif dan berkualitas bagi semua anak di Kota Parepare.
Kata kunci: Media ajar berbasis digital; Design based research Prototipe; Efektivitas pembelajaran; Pendidikan dasar; Web-based school;
References
Abdullah, M. (2018). Reading Speed and Comprehension Enhancement in Hybrid Learning Delivery Mode. Advances in Language and Literary Studies, 9(3). https://doi.org/10.7575/aiac.alls.v.9n.3p.25
Abuseileek, A. F. (2009). The effect of using an online-based course on the learning of grammar inductively and deductively. ReCALL, 21(3). https://doi.org/10.1017/S095834400999005X
Bahri, S., Simbolon, M., & Rettob, A. L. (2021). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Online Berbasis Web Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tanah Miring. ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2). https://doi.org/10.29313/ethos.v9i2.7075
Budio, S., Fadlan, A. H., & Sari, P. S. (2019). Manajemen Data Base. Menata, 2(1).
Desti Mardiana, V., & Hidayati, D. (2022). Transformasi Digital Pelaksanaan Pembelajaran Tematik di Sekolah pada Masa Pandemi. Journal of Education and Teaching (JET), 3(2). https://doi.org/10.51454/jet.v3i2.180
Fatonah, U., & Mulyono, R. (2021). Manajemen E-Learning Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Media Manajemen Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.30738/mmp.v4i1.9906
Fryonanda, H., & Ahmad, T. (2017). Analisis Website Perguruan Tinggi Berdasarkan Keinginan Search Engine Menggunakan Automated Software Testing GTmetrix. Analisis Website Perguruan Tinggi Berdasarkan, 4(2).
Jauhariyah, I. (2020). Pengaruh Self-Service Technology (SST) terhadap kepuasan nasabah pada bank umum syariah di Indonesia. Skripsi UIN Maulana Malik Ibrahim.
Kalbuadi, G. A., Sunarya, Y. Y., & Murwonugroho, W. (2018). Kajian Attractiveness Promosi Budaya dalam Unsur Visual Atraktif Website Pariwisata BandungNG. Jurnal Seni Dan Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain, 1(1). https://doi.org/10.25105/jsrr.v1i1.3876
Kristianto, E. B., & Prasetyo, S. Y. J. (2021). Perancangan Website Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kampung (DPMPK) Pegunungan Bintang Menggunakan Framework Laravel. AITI, 18(2). https://doi.org/10.24246/aiti.v18i2.139-157
Kristianto, F., Rahman, S., & Bahri, S. (2022). Analisis Kerentanan Pada Website Servio Menggunakan Acunetix Web Vulnerability. JTRISTE, 9(1). https://doi.org/10.55645/jtriste.v9i1.363
Kristiyono, J. (2015). Budaya Internet: Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Mendukung Penggunaan Media di Masyarakat. Scriptura, 5(1). https://doi.org/10.9744/scriptura.5.1.23-30
Lin, L. F. (2018). Integrating the Problem-Based Learning Approach Into a Web-Based English Reading Course. Journal of Educational Computing Research, 56(1). https://doi.org/10.1177/0735633117705960
Masae, A. (2019). Pengembangan tes membaca bahasa Indonesia berbasis web bagi mahasiswa Thailand di Universitas Negeri Yogyakarta. LingTera, 6(1). https://doi.org/10.21831/lt.v6i1.17088
Muskania, R., & Zulela MS. (2021). Realita Transformasi Digital Pendidikan di Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 6(2). https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15298
Permendikbud. (2013). Permendikbud RI Nomor 109 Tahun 2013 Tentang Penyelenggraan Pendidikan Jarak Jauh Pada Pendidikan Tinggi. Permendikbud Nomor 109 Tahun 2013.
Plomp, T., & Nieveen, N. (2013). An Introduction to Educational Design Research. An Introduction to Educational Design Research, 128. www.slo.nl/organisatie/international/publications
Pratimi Agustini. (2021). Warganet Meningkat, Indonesia Perlu Tingkatkan Nilai Budaya di Internet. Aptika Kominfo.
Pratomo, A., Irawan, A., & Risa, M. (2019). Peningkatan Kualitas Layanan Website Manajemen Tugas Akhir Dengan Memanfaatkan Metode Webqual 4.0 Dan IPA. Just TI (Jurnal Sains Terapan Teknologi Informasi), 11(1). https://doi.org/10.46964/justti.v11i1.126
Ratu, D., Khasanah, Uswatun, A., Pramudibyanto, Hascaryo, & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/44
Saputra, Z. R. (2017). Penerapan Protokol RTMP Dan HTTP Untuk Media Belajar Jarak Jauh Pada Amik Sigma. Jurnal Teknologi Informasi MURA, 9(1). https://doi.org/10.32767/jti.v9i1.105
Sastradipraja, C. K., Faradillah, F., & Kirana, N. (2021). Pendampingan Penerapan Internet Sehat dan Aman di Posyandu Remaja UPT Puskesmas Ibrahim Adjie Kota Bandung. Community Empowerment, 6(2). https://doi.org/10.31603/ce.4404
Setiawan, M. S. A., Safitri, E. M., Taufiqurahman, M. A. T., & Pratama, M. A. (2023). Analisis Manajemen Risiko Keamanan Sistem Informasi Rocketic.id menggunakan Metode OCTAVE dan FMEA. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JustIN), 11(3). https://doi.org/10.26418/justin.v11i3.66628
Suartama, I. K. (2014). E-learning: Konsep dan aplikasinya. Universitas Pendidikan Ganesha, November.
Sufarnap, E., Sudarto, S., & Salsabila, Z. (2022). PENGEMBANGAN WEBSITE PADA MASJID ALFALAAH MEDAN. Jurnal Berdaya Mandiri, 4(1), 868–870. https://doi.org/10.31316/jbm.v4i1.1791
Syukur, A., & Suprayogi, D. (2017). Game Tradisional Tarik Tambang Berbasis Web. IT Journal Research and Development, 1(1). https://doi.org/10.25299/itjrd.2016.vol1(1).673
Tarigan, M. J., Siambaton, M. Z., & Haramaini, T. (2022). Implementasi Metode Weighted Aggregated Sum Product Assessment (WASPAS) Dalam Menentukan Jurusan Siswa Pada SMKN 8 Medan. Jurnal Minfo Polgan, 11(1). https://doi.org/10.33395/jmp.v11i1.10964
Wahyuni, S., Hariyanto, E., & Sebayang, S. (2022). Pelatihan Camtasia Pada Guru SD Panca Budi Untuk Mendukung Transformasi Digital Sekolah Masa Pandemi Covid-19. ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(1). https://doi.org/10.29313/ethos.v10i1.7857
Yakut, A. D., & Aydın, S. (2017). An experimental study on the effects of the use of blogs on EFL reading comprehension. Innovation in Language Learning and Teaching, 11(1). https://doi.org/10.1080/17501229.2015.1006634
Yanuarti, R., & Rusman, R. (2019). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) oleh guru di sekolah penerima Universal Service Obligation (USO). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 11(2). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v11i2.19441