Pelatihan Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Bahasa Arab dengan Metode Bernyanyi di TK Al Munawwar Panyabungan Mandailing Natal

  • Nur'ainun Ritonga STAIN Mandailing Natal
  • Irmasani Daulay STAIN Mandailing Natal
  • Bintang Rosada STAIN Mandailing Natal
  • Rita Gamasari STAIN Mandailing Natal

Abstract

The purpose of the Community Service activity conducted by the STAIN Mandailing Natal Arabic Language and Literature lecturer team at Al Munawwar Kindergarten is to enhance students' vocabulary mastery (Mufrodat) through the singing method. This training took place over one day and was attended by 21 students. The method employed is the Eclectic method (Intiqoiyyah). The activity comprised several stages, including opening, educational games, core activities, evaluation, rewards presentation, and closing. The results obtained from this activity indicate an improvement in students' vocabulary mastery (Mufrodat) through the application of the singing method. This is evident from the students' enthusiasm during the learning process and their ability to respond to questions during the evaluation stage.

Keyword: singing methods, mufrodat, arabic

 

Abstrak
Tujuan dari kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh tim dosen Bahasa dan sastra arab STAIN Mandailing Natal di sekolah TK Al Munawwar adalah untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosa kata (Mufrodat) melalui metode bernyayi. Pelatihan ini dilaksanakan dalam waktu 1 (satu) hari dan diikuti oleh 21 Siswa. Adapun metode yang digunakan dalam proses pelatihan yaitu metode Elektik (Intiqoiyyah). Beberapa tahapan kegiatan yaitu, pembukaan, Game edukatif, kegiatan inti, evaluasi, pemberian reward dan penutup. Sedangkan  hasil yang diperoleh dari kegiatan ini yaitu adanya  peningkatan penguasaan kosa kata (Mufrodat) siswa dengan penggunaan metode bernyanyi, hal ini dibuktikan dengan antusias para siswa dalam proses pembelajaran dan kemampuan mereka dalam menjawab pertanyaan yang diberikan pada tahap Evaluasi.  

Keyword: metode bernyayi, mufrodat, bahasa arab

References

Anwar, Z., & Mauludiyah, L. (2022). Informal Methods for Improving Students’ Senior High School Arabic Language Skills. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 9(2), 205–216. https://doi.org/10.15408/a.v9i2.25661

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.

Asrori, I., Thohir, M., & M.Ainin. (2014). Evaluasi Pembelajaran Bahasa. Misykat.

Faizin Dzikrul Hakim Al-Ghozali Machnunah Ani Zulfah, M. M. (2020). Penggunaan Permainan Kartu Domino Untuk Meningkatkan Kemampuan Hafalan Mufrodat Bahasa Arab Pada Siswa Kelas Vii Di Mts Tarbiyatus Shibyan Surabaya. Jurnal Bahasa Dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 2716–1668.

Fakhrurrozi, A., & Erta, M. (2012). Permasalahan Pembelajaran Bahasa Arab. http://www.v-arabic.com/vra/wp-content/ uploads/2010/02/Ar-Grammar-Word-cloud.jpg

Fauziddin, M., & Fikriya, M. (2020). Mengenal Kosakata Bahasa Arab melalui Permainan Kartu Huruf Hijaiyah yang Dilengkapi Kosakata. Journal on Early Childhood Education Research (JOECHER), 1(2), 90–99. https://doi.org/10.37985/joecher.v1i2.13

Hamdani. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Pusaka Setia Bandung.

Hidayat, S. (2013). Pengembangan Kurikulum Baru. PT Remaja Rosakarya.

Imron, A., & Fajriyah, D. F. (2021). Penggunaan Metode Bernyanyi dalam Menghafal Mufrodat (Kosakata) Bahasa Arab di MI. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(1), 41–56. https://doi.org/10.35878/guru.v1i1.255

Irawan, A. (2014). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab.Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Jannah, S. R. (2022). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Tk Roudhotut Tholabah Blibis. In ×”×רץ (Issue 8.5.2017). www.aging-us.com

Mujib, F., & Rahmawati, N. (2013). Metode Permainan-Permainan Edukatif Dalam Belajar Bahasa Arab. DIVA Press.

Nasrulloh, M. F., Nasoih, A. K., Satiti, W. S., & Khansa, S. (n.d.). Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab melalui Pelatihan dan Permainan Bahasa Arab. 1(1).

Prihartini, H. R. (n.d.). Metode Mubasyarah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Pendekatan Komunikatif (Al-Madkhal Al-Ittishaliy) Dalam Menunjang Kecakapan Berbahasa. Academia.Edu, 1–10. https://www.academia.edu/download/61056687/METODE_MUBASYARAH_DALAM_PEMBELAJARAN_BAHASA_ARAB_MENGGUNAKAN__PENDEKATAN_KOMUNIKATIF20191029-53902-1pnlhzv.pdf

Ridwan, R., & Awaluddin, A. F. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Raodhatul Athfal. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 13(1), 56–67. https://doi.org/10.30863/didaktika.v13i1.252

Ritonga, Nur’ainun, Nur, Samsiah, Haq, S. (2023). Pelatihan Untuk Meningkatkan Maharah Kalam Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Di Mts Islamic Centre Medan Sumatera. 6(3), 392–398.

Ritonga, M., Rambe, M. H., & Najib, M. (n.d.). Audiolingual Method in Arabic Learning. 15(1), 244–260. https://doi.org/10.24042/albayan.v15i1.15449

Rosada, B. (2022). Media Pembelajaran Bahasa (Marlina (ed.)).

Takdir. (2020). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Naskhi, 2(1), 40–58.

دين, ع. Ù†. Ù…. (2023). مشكلات تعليم مهارة الكلام ÙÙŠ المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية الخامسة جومبانج. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/

Published
2024-04-29
Section
Articles