Pelatihan Manajemen Kualitas Pada UKM Sabila Handcraft
Abstract
Abstract: Competition in today's business world is getting tighter, thus causing increasing competition among business actors in today's very open market era. Whether it's a company that produces the final product or service. The pandemic has forced many people to increase their creativity so that the businesses they create can survive and become a support for the economy. Activities and efforts undertaken must be able to have a high selling value and have the creativity to attract the attention of consumers. Sabila Handcraft is a handcraft UKM that sells handcrafted products. It is known that there are still many obstacles that occur in the production process, including rejected products that must be repaired such as wrong designs and wrong cuts, rejects when distributing goods to consumers caused by negligence in the delivery process (items stacked, products not working), as well as PO (Purchase Order) which is quite long takes almost 1 week from the order made. These rejects were caused by errors from operators who were not careful in designing and lack of quality management training for workers at UKM Sabila Handcraft. Through this training, it is hoped that it will have a positive impact, especially improving performance in the Sabila Handcraft UKM so that it can increase the output of the products produced and increase customer satisfaction.
Keywords: quality; hancraft; UKM
Abstrak: Persaingan di dunia bisnis saat ini semakin ketat, sehingga menyebabkan semakin meningkatnya persaingan para pelaku usaha di era pasar yang sangat terbuka saat ini. Baik itu perusahaan yang menghasilkan hasil akhir produk ataupun jasa. Pandemi membuat banyak orang untuk meningkatkan kreativitas agar usaha yang dibuat tetap bisa bertahan dan menjadi penyokong ekonomi. Kegiatan dan usaha yang dilakukan harus bisa memiliki nilai jual yang tinggi dan memiliki kreativitas untuk menarik perhatian konsumen. Sabila Handcraft adalah salah satu UKM handcraft yang menjual produk-produk kreasi pekerjaan tangan. Diketahui masih banyak kendala yang terjadi pada proses produksinya, diantara produk reject yang harus diperbaiki seperti salah desain dan salah potong, reject pada saat pendistribusian barang ke konsumen yang disebabkan karena kelalaian dalam proses pengiriman (barang ditumpuk, produk tidak berfungsi), serta PO (Purchase Order) yang cukup lama membutuhkan waktu hampir 1 minggu dari pemesanan yang dilakukan. Berbagai reject ini disebabkan karena kesalahan dari operator yang kurang teliti dalam mendesain serta kurang adanya pelatihan tentang manajemen kualitas kepada para pekerja di UKM Sabila Handcraft. Untuk itu perlu pelatihan mengenai manajemen kualitas pada UKM Sabila Handcraft untuk mengelola dan memastikan kualitas produk, layanan, atau proses bisnis secara efektif. Melalui pelatihan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif khususnya memperbaiki kinerja di UKM Sabila Handcraft sehingga dapat meningkatkan output dari produk yang dihasilkan serta meningkatkan kepuasan pelanggan.
Kata kunci: kualitas; handcrft; UKMReferences
Arwis Umairi, Novia Kencana, A. (2021) ‘Strategi Pemerintah Dalam Meningkatkan UMKM Kota Palembang Di Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Pemerintahan …, 6(3). Available at:
Nanang, A. and Viana, E. O. (2020) ‘Strategi Bertahan Perusahaan di masa Pandemi Covid-19’, Semi-nar Nasional Penalaran dan Penelitian Nusantara, 1(1), pp. 160–168. Available at:
https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ppn/article/view/382.
Putri, R. N. (2020) ‘Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Covid-19’, Jurnal Ilmiah Universitas Ba-tanghari Jambi, 20(2), p. 705. doi: 10.33087/jiubj.v20i2.1010.
Rabi’ah dkk (2020) ‘Abdi kami’, Jurnal ABDI KAMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), pp. 201–211.
Rosita, R. (2020) ‘Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm Di In-donesia’, Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), p. 109. doi: 10.34127/jrlab.v9i2.380.
Wandra, Cikusin, Y. and Hayat (2021) ‘Wabah Corona Virus (Covid-19) (Studi Pdaa Desa Pandansaru Lor Kecamatan Poncokusumo Kabu-paten Malang)’, Jurnal Inovasi Penelitian, 2(5)
Afriansyah, R. (2022). Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Di P3KM Polman Negeri Babel. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 11(1). https://doi.org/10.32736/sisfokom.v11i1.1323
Andrasto, T. (2013). Pengembangan Sis-tem Database Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Unnes. Jurnal Teknik Elektro, 5(2).
Dalis, S. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Ber-basis Web. Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika, 19(1). https://doi.org/10.31294/p.v19i1.1170
Kurniawan, B., & Romzi, M. (2022). Perancangan Uiux Aplikasi Ma-najemen Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Menggunakan Aplikasi Figma. Jurnal Sistem Informasi Ma-hakarya, 05(1).
Sari, M. K. (2020). Sosialisasi tentang Pencegahan Covid-19 di Ka-langan Siswa Sekolah Dasar di SD Minggiran 2 Kecamatan Papar Kabupaten Kediri. Jurnal Karya Abdi, 4(1).