Pengembangan Bahan Ajar Digital: Upaya Mendorong Kreativitas Guru-Guru Di Kota Tangerang Selatan

Marisa Marisa, Dewi Artati Padmo Putri, Suryo Prabowo, Siti Nafsiah, Sutaryanto Sutaryanto

Abstract


Abstract: Technological sophistication, making interactive digital teaching materials easier. Interactive digital teaching materials make it easier for students to study independently according to their abilities and learning speed. Currently the ability of teachers in South Tangerang still needs to be improved in blinding Interactive Digital Teaching Materials. The community service program provided to participants is carried out using a combination of online training and mentoring methods, combined with face-to-face meetings. In general, training and assistance for the development of Interactive Digital Teaching Materials gave good results, where 75% of participants completed their products. Participants also expressed satisfaction with the program. This condition can be said to be good, but to further increase participant satisfaction in the next training, input from participants can be considered.

           
Keywords: digital teaching materials; learn to be independent; teaching materials

  

Abstrak: Kecanggihan teknologi, membuat bahan ajar digital interaktif menjadi lebih mudah. Bahan ajar digital interaktif memudahkan siswa belajar mandiri sesuai dengan kemampuan dan kecepatan belajarnya. Saat ini kemampuan guru di Tangerang Selatan masih perlu ditingkatkan dalam membutakan Bahan Ajar Digital Interaktif. Program pengabdian kepada masyarakat yang diberikan kepada peserta dilakukan dengan menggunakan kombinasi metode pelatihan dan pendampingan secara daring, dipadukan dengan pertemuan tatap muka. Secara umum pelatihan dan pendampingan pengembangan Bahan Ajar Digital Interaktif memberikan hasil yang baik, dimana 75% peserta menyelesaikan produknya. Peserta juga menyatakan puas dengan program tersebut. Kondisi ini dapat dikatakan baik, namun untuk lebih meningkatkan kepuasan peserta pada pelatihan selanjutnya, masukan dari peserta dapat menjadi pertimbangan.

 

Kata kunci: bahan ajar; bahan ajar digital; belajar mandiri

Full Text:

PDF

References


Anugrahana, A. (2020). Hambatan, So-lusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Da-sar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289.

Berutu, I., & Siahaan, H. E. R. (2020). Menerapkan Kelompok Sel Vir-tual di Masa Pandemi Covid-19. SOTIRIA (Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani), 3(1), 53–65.

Erlina, I. (2022). PENGGUNAAN VID-EO PEMBELAJARAN INTER-AKTIF DALAM PEMBELAJA-RAN DARING UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERISUDUT LANCIP, TUMPUL, DAN SIKU-SIKUPADA SISWAKELAS IV SD NEGERI 10 SUNGAI NIBUANGKECAMATANTANJUNG MUTIARAKABUPATEN AGAMSEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidi-kan, IX(3), 80–86.

Fitriyani, N. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO-VISUAL POWTOON TENTANG KONSEP DIRI DA-LAM BIMBINGAN KE-LOMPOK UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 104–114.

Givan, B., Indrawan, E. H., & Siagian, A. O. (2020). Pelatihan Membuat Business Plan Bagi Pemuda Ka-rang Taruna RW 01 Pinangsia Taman Sari Jakarta. Jurnal Karya Untuk Masyarakat, 1(2), 69–78.

Hikmawati, V. Y., & Taufik, L. M. (2019). PREFERENSI SISWA TERHADAP BUKU TEKS BI-OLOGI: CETAK atau DIGI-TAL? Prosiding Seminar Na-sional Pendidikan KALUNI, 2, 137–145.

Kahfi, A. (2020). TANTANGAN DAN HARAPAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PAN-DEMI COVID 19. Dirasah, 3(2), 137–154.

Muhajir, F. F., Tjahjono, B., & Munawar, B. (2022). Desain Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbantuan Aplikasi Animaker Pada Mata Kuliah Pendidikan TIK (Teknologi Informasi dan Komu-nikasi). JTKSI (Jurnal Teknologi Komputer Dan Sistem Informasi, 5(2), 87–93.

Mujiono, M. (2021). FLIPPED CLASS-ROOM: SEKOLAH TANPA PEKERJAAN RUMAH. Jurnal Teknodik, 25(1), 67–79. https://doi.org/https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i1.457

Oktaviyanti, I., Umar, U., Erfan, M., No-vitasari, S., & Maulyda, M. A. (2021). SOSIALISASI WAWA-SAN PLAGIARISME KARYA TULIS ILMIAH UNTUK MA-HASISWA SELAMA PERKULIAHAN ONLINE DI MASA PANDEMI. SELAPA-RANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 279–285.

Putra Anggariawan, Y., Syamsuri, S., & Prabowo, R. (2019). Analisis Technology Content Assesment Pada Lembaga Pendidikan Menggunakan Metode Teknometrik Studi Kasus Sekolah X. Seminar Nasional Inovasi Dan Aplikasi Teknologi Di Industri 2019 , 243–249.

Sumintono, B., Wibowo, A. S., Mislan, N., & Tiawa, D. H. (2012). PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMU-NIKASI DALAM PENGAJA-RAN: SURVEI PADA GURU-GURU SAINS SMP DI INDO-NESIA. Jurnal Pengajaran MI-PA, 17(1), 122–131.

Syofian, S., Setiyaningsih, T., & Syamsi-ah, N. (2015). OTOMATISASI METODE PENELITIAN SKA-LA LIKERT BERBASIS WEB. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi 2015, 1–8.

Utami, Y. P., & Alan Dheri Cahyono, D. (2020). STUDY AT HOME: ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADAPROSES PEMBELAJA-RAN DARING. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 1(1), 20–26.

Yahya, R., Ummah, S. K., & Mahfud, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Flipped Classroom Bercirikan Mini-Project. SJME (Supremum Journal of Mathe-matics Education), 4(1), 78–91.




DOI: https://doi.org/10.33330/jurdimas.v6i2.2219

Article Metrics

Abstract view : 265 times
PDF - 138 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.