PERANCANGAN E-CRM UNTUK PENJUALAN PAKAIAN PADA TOKO VINTA MANULLANG KISARAN

  • Rika Dani Universitas Royal
  • Fauriatun Helmiah Universitas Royal
  • Andrew Ramadhani Universitas Royal

Abstract

Abstract: Vinta Manullang Store is a business engaged in the sale of clothing for men, women, and children. In today's digital era, the implementation of Customer Relationship Management (CRM) strategies plays an important role in building and increasing customer loyalty. Along with the development of technology, the implementation of Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) is increasingly needed to manage customer interactions more effectively. This study aims to implement the application of E-CRM in terms of increasing the efficiency of customer data management and strengthening relationships with customers. This study uses a case study method with a qualitative approach, which is carried out through interview techniques and observations of the system being run. Based on the results of the study, it can be seen that the implementation of E-CRM allows faster and more accurate product information synchronization, facilitates online transactions, and increases customer interaction through review features and direct communication. Thus, this system contributes to increasing customer satisfaction, loyalty, and the effectiveness of vinta manullang store operations.

Keywords: customer relationship management (CRM); sales; customer loyalty; clothing; toko vinta manullang

Abstrak: Toko Vinta Manullang merupakan bisnis yang bergerak di bidang penjualan pakaian untuk pria, wanita, dan anak-anak. Di era digital saat ini, penerapan strategi Customer Relationship Management (CRM) memainkan peran krusial dalam membangun dan meningkatkan kesetiaan pelanggan. Seiring dengan perkembangan teknologi, implementasi Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) semakin diperlukan untuk mengelola interaksi pelanggan secara lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan E-CRM dalam hal meningkatkan efisiensi pengelolaan data pelanggan serta memperkuat hubungan dengan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif, yang dilaksanakan melalui teknik wawancara dan observasi terhadap sistem yang sedang dijalankan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa penerapan E-CRM memungkinkan penyampaian informasi produk lebih cepat dan akurat, mempermudah transaksi online, serta meningkatkan interaksi pelanggan melalui fitur ulasan dan komunikasi langsung. Dengan demikian, sistem ini berkontribusi terhadap peningkatan kepuasan pelanggan, loyalitas, serta efektivitas operasional toko vinta manullang.

Kata kunci: customer relationship management (CRM); penjualan; loyalitas pelanggan; pakaian; toko vinta manullang

References

S. Adha, “Faktor Revolusi Perilaku Konsumen Era Digital : Sebuah Tinjauan Literatur,†Jipis, vol. 31, no. 2, pp. 134–148, 2022.

H. Setyawati, “Customer Relationship Management yang Berkelanjutan,†JURPIKAT (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat), vol. 5, no. 3, pp. 881–888, 2024.

L. M. Nurkholis, M. Maspaeni, and R. Adawiyah, “Rancang Bangun Sistem Informasi E-Tiket Dan Paket Wisata Dengan Menerapkan Metode Electronic Customer Relationship Management (E-Crm),†J. Inform. Teknol. dan Sains, vol. 6, no. 2, pp. 350–358, 2024.

D. R. Sari et al., “Implementasi Strategi E-Crm Pada Penjualan Busana,†vol. 8, no. 1, pp. 176–186, 2024.

J. Hutahaean, N. Mulyani, N. Irawati, Z. Azhar, and L. Umbari Putri, “Strategi Optimalisasi Pelayanan Pelanggan Menggunakan Platform E-CRM,†J. Inform. dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 3, pp. 243–252, 2024.

A. N. Ilyas, L. L. Hin, J. Sutrisno, and R. Rusdah, “Implementasi Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) untuk Meningkatkan Layanan Pelanggan Belig Coffee,†STRING (Satuan Tulisan Ris. dan Inov. Teknol., vol. 9, no. 1, p. 13, 2024.

Mutia Hannisyah Putri Lubis, Havid Syafwan, and Pristiyanilicia Putri, “Implementasi E-CRM dalam Mempertahankan Pelanggan Pada Toko Key Distro Kisaran,†J. Ilm. Multidisiplin Nusant., vol. 1, no. 2, pp. 51–57, 2023.

R. F. Dinara, W. Ramdhan, and W. M. Kifti, “JUTSI: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi KONSEP E-CRM UNTUK MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN SERTA MINAT BELI PELANGGAN TOKO CICI BUSANA,†J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 3, pp. 195–204, 2023.

G. Hasan, J. Lim, Rena, C. Huang, E. I. Sembiring, and A. Syukriansyah, “Analisa Customer RelationShip Management pada UMKM Es potong Moex,†J. Pengabdi. Kpd. Masy. Nusant., vol. 4, no. 2, pp. 1402–1411, 2023.

H. Derajad Wijaya, “Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Kepuasan Pelanggan dan Kinerja Perusahaan,†EKOMA J. Ekon. Manajemen, Akunt., vol. 3, no. 3, pp. 1279–1289, 2024

Published
2025-03-30
Section
Articles