PERANCANGAN VOICE-BASED QUIZ RESPONSE UNTUK MATA KULIAH BAHASA INGGRIS 2 DI PRODI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS UNIVERSAL

Givi Ofgivia, Oey Anton, Yonky Pernando, Musliadi KH

Abstract


Abstract: This study aims to develop a web application that is able to facilitate teachers in providing exams with answer-type questions via voice using the speech recognition method and is able to display pictorial exam questions. The process of collecting research data was carried out through interviews and literature studies with case studies in the 4th semester English course in Informatics Engineering study program at Universal University. Web application development is carried out using the Extreme Programming method with testing through the Black Box Testing approach. In development, researchers used the Laravel framework with the PHP, Javascript, and MySQL programming languages as databases. The results of the Black Box test show that the web application is able to carry out the functionality according to the problems in this study. With this web application, it is hoped that teachers can easily provide exams with sound and image-based questions, provide a more interactive and effective learning experience for students, and enrich the use of technology in educational contexts.

 

Keywords: laravel; javascript; MySQL; PHP; speech recognition

 

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi web yang mampu memfasilitasi pengajar dalam menyediakan ujian dengan pertanyaan bertipe jawab melalui suara menggunakan metode speech recognition serta mampu menampilkan pertanyaan ujian yang bergambar. Proses pengumpulan data penelitian dilakukan melalui metode wawancara dan studi pustaka dengan studi kasus di mata kuliah Bahasa Inggris 2 program studi Teknik Informatika semester 4 Universitas Universal. Pengembangan aplikasi web dilakukan menggunakan metode Extreme Programming dengan pengujian melalui pendekatan Black Box Testing. Dalam pengembangan, peneliti menggunakan framework Laravel dengan bahasa pemrograman PHP, Javascript, dan MySQL sebagai basis data. Hasil pengujian Black Box menunjukkan bahwa aplikasi web mampu menjalankan fungsionalitas sesuai dengan masalah yang ada dalam penelitian ini. Dengan adanya aplikasi web ini, diharapkan pengajar dapat dengan mudah menyediakan ujian dengan pertanyaan berbasis suara dan gambar, memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan efektif bagi mahasiswa, serta memperkaya penggunaan teknologi dalam konteks pendidikan.

 

Kata kunci: laravel; javascript; MySQL; PHP; speech recognition

Full Text:

PDF

References


Aprilia.D et al., “Pendahuluan Latar Belakang Masalah Tujuan Penelitian Landasan Teori Linier Congruential Generator Metodologi Penelitian,” J. Ilm. KOMPUTASI, vol. 16, no. September, pp. 145–150, 2017.

Y. Pernando, E. L. Febrianti, I. Syafrinal, Y. Roza, and U. F. Afifah, “Deep Learning for Faces on Orphanage Children Face Detection,” JURTEKSI (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi), vol. 9, no. 1, pp. 25–32, 2022, doi: 10.33330/jurteksi.v9i1.1858.

H. Hendri, E. A. Jaya, and Y. Pernando, “Pemodelan dan Simulasi Sistem Dengan Metoda Kolmogorov-Smirnov Pada Antrian Pendaftaran Ulang Siswa Baru yang Lulus Psb On-Line (Studi Kasus: SMA Negeri 4 Padang),” Pros. Semin. Ilm. Nas. Teknol. Komput. (SENATKOM 2015), vol. 1, no. 1, pp. 104–114, 2015.

F. D. Martha. and H. Yulia., “Laporan Penelitian Hubungan Sikap Belajar Dan Strategi Mengajar Dosen Dengan Indeks Prestasi Mahasiswa Prodi Sarjana Terapan Kebidanan Stikes Mitra Ria Husada Tahun 2020/2021,” STIKes Mitra RIA Husada, vol. 1, no. 11150331000034. pp. 1–42, 2021.

M. Mahmod and S. S. Kamaruddin, “The Switching of Learning Management System : A Case Study on UUM Online Learning Acceptance,” no. July, pp. 25–27, 2018.

R. Muhammad, I. Arwani, and B. Rahayudi, “Implementasi Plugin Notifikasi Sebagai Media Integrasi Antara E-Learning Moodle dengan BOT Telegram (Studi Kasus : Bimbingan Belajar The Second School),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 4, no. 7, pp. 2275–2282, 2020.

Y. Khadaffi and W. Kurnia, “Aplikasi Smart School Untuk Kebutuhan Guru Di Era New Normal (Studi Kasus : Sma Negeri 1 Krui),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, p. 15, 2021.

U. N. Nadhifah and D. Puspitasari, “Learning English Through Duolingo : Narrating Students ’ Experience During Covid-19 Pandemic Time,” Ethical Ling. J. Lang. Teach. Lit., vol. 8, no. 1, pp. 302–310, 2021.

Y. Pernando, “Aplikasi CBT ( Computer Based Testing ) Untuk Mengukur Kemampuan Bahasa Inggris Siswa,” Maj. Ilm. by LPPM UPI YPTK Padang, vol. 23, no. 2, pp. 47–55, 2016.

M. Saefudin and A. Julisawati, “Sistem Pemasaran Properti Menggunakan Teknologi Augmented Reality di Perumahan Pamulang Lestari Residence,” J. Ilm. Komputasi, vol. 18, no. 4, 2019, doi: 10.32409/jikstik.18.4.2676.

D. A. S. Agustina, “Perancangan Aplikasi Computer Based Test (Cbt) Berbasis Web (Studi Kasus Di Smp Negeri 2 Kuta - Badung),” J. Teknol. Inf. dan Komput., vol. 2, no. 1, 2017, doi: 10.36002/jutik.v2i1.223.

I Komang Setia Buana, “Implementasi Aplikasi Speech to Text untuk Memudahkan Wartawan Mencatat Wawancara dengan Python,” J. Sist. dan Inform., vol. 14, no. 2, pp. 135–142, 2020, doi: 10.30864/jsi.v14i2.293.

R. Anjasmara, I. Lestari, and M. Dewi, “Aplikasi Pembelajaran Hiragana Bahasa Jepang Berbasis Android Menggunakan Speech Recognition,” J. Komput. Terap., vol. 5, no. Vol 5 No 2 (2019), pp. 32–43, 2019, doi: 10.35143/jkt.v5i2.2676.

S. Wahyuni et al., “Desain Sistem Speech Recognition Penerjemah Bahasa Toraja Menggunakan Hidden Markov Model Design System Speech Recognition Tranlator Toraja Language Using Hidden Markov Modelling,” Jppi, vol. 11, no. 2, pp. 107–119, 2021, doi: 10.17933/jppi.v11i2.286.

I. M. Zain, H. Richardi, A. Larasati, and A. Juanaid, “Prototype Deteksi Lagu Daerah Sebagai Media Edukasi Menggunakan Google Speech API,” Open Access J.of Inista, vol. 1, no. 2, pp. 035–041, 2019, [Online]. Available: http://journal.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/inista/article/view/51/34

N. Anggraini, A. Kurniawan, L. K. Wardhani, and N. Hakiem, “Speech recognition application for the speech impaired using the android-based google cloud speech API,” Telkomnika (Telecommunication Computing Electronics and Control), vol. 16, no. 6. pp. 2733–2739, 2018. doi: 10.12928/TELKOMNIKA.v16i6.9638.

, M., S. Hidayat, and A. Z. Amrullah, “Speech Recognition Untuk Aplikasi Kamus Bahasa Indonesia-Sumbawa Berbasis Android,” J. Bumigora Inf. Technol., vol. 1, no. 2, pp. 126–137, 2019, doi: 10.30812/bite.v1i2.606.

A. Z. Amrullah and K. E. Saputro, “Analisis dan Perancangan Kamus Interaktif Bahasa Isyarat Indonesia dengan Speech Recognition,” J. Bumigora Inf. Technol., vol. 1, no. 2, pp. 110–115, 2019, doi: 10.30812/bite.v1i2.604.

A. Christian, S. Hesinto, and Agustina, “Rancang Bangun Website Sekolah Dengan Menggunakan Framework Bootstrap,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 7, no. 1, pp. 22–27, 2018.

A. Riza, M. A. I. Anshori, F. Arrazy, and M. A. Yaqin, “Pengukuran Metrik Kompleksitas Web Service Sekolah,” Jurasik (Jurnal Ris. Sist. Inf. dan Tek. Inform., vol. 5, no. 1, p. 147, 2020, doi: 10.30645/jurasik.v5i1.179.




DOI: https://doi.org/10.33330/j-com.v3i2.2305

Article Metrics

Abstract view : 284 times
PDF - 138 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.