PENERAPAN ELECTRONIC CRM BERBASIS WEB PADA DIANID COLLECTION

Lisa Ariani, Fauriatun Helmiah, Febby Madonna Yuma

Abstract


Abstact : Services are activities or activities offered by organizations or individuals to customers or clients, which are intangible and cannot be owned. The aim of this research is to make it easier for customers to place orders (orders) as well as serve as a promotional medium for company products that can save company costs in promoting products to customers. One of the businesses engaged in the business of selling clothing which includes clothes, pants, bags, shoes and others. The problem that occurs is that in the customer service process there are no additional facilities that function to interact between the shop and the customer to convey complaints, suggestions and criticism so that customers cannot provide criticism and suggestions for the Dianid Collection and do not yet have a process for managing and storing customer data which is done when customers buy clothes by telephone line or come directly to the shop, this making shop owners pay less attention to who the customers are who have the potential to become regular customers. With the application of this method, it will produce a fashion product sales system at the Dianid Collection with the implementation of the E-CRM method being able to integrate existing functions within the company, namely product sales marketing, information and customer service, unlimited time, sales can be made online and can improve service to customers.

 

Keywords: dianid collection; customer service; E-CRM.

 

 

Abstrak : Pelayanan adalah aktivitas atau kegiatan yang ditawarkan oleh organisasi atau perorangan kepada pelanggan atau nasabah, yang bersifat tidak berwujud dan tidak dapat dimiliki. Tujuan penelitian dapat mempermudah pelanggan dalam melakukan pemesanan (order) serta dijadikan sebagai media promosi produk perusahaan yang dapat menghemat biaya perusahaan dalam mempromosikan produk kepada pelanggan.Salah satu bisnis yang bergerak dalam bidang usaha penjualan pakaian yang meliputi baju, celana, tas, sepatu dan lainnya .Permasalahan yang terjadi yaitu pada proses pelayanan pelanggan belum adanya fasilitas tambahan yang berfungsi melakukan interaksi antara Toko dengan pelanggan untuk menyampaikan keluhan, saran dan kritik sehingga pelanggan tidak bisa memberikan kritik dan saran untuk Dianid Collection dan belum memiliki proses mengelola dan menyimpan data pelanggan yang dilakukan pada saat pelanggan membeli pakaian secara line telepon ataupun langsung datang ke Toko, hal tersebut membuat pemilik Toko kurang memperhatikan siapa pelanggan yang berpotensi menjadi pelanggan tetap. Dengan adanya penerapan Metode ini maka akan menghasilkan sistem penjualan produk fashion pada Dianid Collection dengan hasil implementasi pada metode E-CRM dapat mengintegrasikan  fungsi fungsi yg ada didalam perusahan yaitu pemasaran penjualan produk, informasi dan pelayanan terhadap pelanggan , tidak terbatas waktu, penjualan dapat dilakukan secara online dan dapat meingkatkan pelayanan terhadap pelanggan.

 

Kata Kunci: dianid collection; pelayanan pelanggan; E-CRM


Full Text:

PDF

References


S. Nugraha and D. Nuraeni, “Peran Teknologi Internet Dalam E-Commerce,” J. Civ. Soc. Stud., vol. 5, no. 2, pp. 181–191, 2021, doi: 10.31980/civicos.v5i2.1474.

S. Rosyad, “Efektifitas Dan Efisiensi Penerapan E-Commerce Pada Pt. Wahana Surya Plastik,” J. Manaj., vol. 3, no. 1, p. 627, 2018, doi: 10.30736/jpim.v3i1.146.

M. Husaini, “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Audit Investigatif,” Audit. A J. Pract. Theory, vol. 2, no. 2, pp. 141–147, 2014.

S. M. M. M. Noor, “Pengembangan Customer Relationship Management Berbasis SIStem E-Commerce Ruang Lingkup Identifikasi Masalah,” CommIT, vol. 4, no. 2, pp. 139–149, 2010.

N. S. Siahaan, I. K. Siregar, and C. Latiffani, “Implementasi E-CRM Untuk Meningkat Penjualan Obat-Obatan Dan Pupuk Di UD. Menara Tani Kecamatan Simpang Empat,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 10, no. 1, pp. 241–251, 2023.




DOI: https://doi.org/10.33330/j-com.v3i2.2285

Article Metrics

Abstract view : 182 times
PDF - 129 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.