PERANCANGAN E - CRM PENJUALAN BUSANA BAJU PADA TOKO GUNTUR JAYA

Ade Irma Saputri, Zulfi Azhar, Rika Nofitri

Abstract


Abstract: Customer relationship management (CRM) is one of the many strategies implemented by many companies and is a strategy for obtaining, analyzing data, and then using it to interact with customers which will create a comprehensive view and better relationships with customers. Toko Guntur Jaya is a shop that is engaged in selling various kinds of products, especially clothing such as clothes, currently product sales promotions and customer data processing are still manual recording and have not used an online sales system. The service provided by Guntur Jaya is not satisfactory because there is no member data and facilities for customers to submit criticism, suggestions and questions. Therefore, a Customer Relationship Management (CRM) method is needed to help customers get information about the latest products. The purpose of this built system is to facilitate more effective product promotion. With this system, Guntur Jaya Stores have media for promoting their products to customers with internet media, so that they have customers throughout Indonesia, retain existing customers, get optimal profits. , customers feel safe, comfortable and have computerized customer data storage.

 

Keywords: dress; customer relationship management; internet; sale; shop

 

 

Abstrak: Customer relationship management (CRM) merupakan satu dari sekian banyak strategi yang diterapkan oleh banyak perusahaan dan merupakan strategi untuk memperoleh, menganalisa data, untuk kemudian digunakan untuk berinteraksi dengan pelanggan yang akan tercipta suatu pandangan yang komprehensif dan hubungan yang lebih baik dengan pelanggan. Toko Guntur Jaya adalah  toko yang bergerak di bidang penjualan berbagai macam produk  khususnya busana seperti baju, saat ini promosi penjualan produk dan pengelohan data pelanggan  yang dilakukan masih pencatatan manual dan belum menggunakan sistem penjualan secara online. Pelayanan yang diberikan  Guntur Jaya  belum memuaskan  karena belum ada data member dan fasilitas bagi pelanggan untuk menyampaikan kritik,  saran,  dan pertanyaan. Oleh karena itu untuk dibutuhkan metode Customer Relationship Management (CRM) untuk membantu pelanggan  dalam mendapatkan informasi tentang produk yang terbaru.  Tujuan dari sistem yang dibangun ini adalah untuk memfasilitasi promosi produk yang lebih efektif Dengan adanya sistem ini dibuat Toko Guntur Jaya memiliki media untuk promosi  produknya kepada para pelanggan dengan media internet, sehingga memiliki pelanggan di seluruh Indonesia, mempertahankan pelanggan yang sudah ada, mendapatkan keuntungan optimal, pelanggan merasa aman, nyaman dan memiliki penyimpanan data pelanggan secara terkomputerisasi.

 

Kata kunci: baju; customer relationship management; internet; penjualan; toko. 


Full Text:

PDF

References


Rini Apriyanti, dkk, "Pengaruh e-CRM terhadap Kualitas Hubungan dan Hasil dengan Atribut Layanan dan Pemulihan Layanan sebagai Variabel Mediasi,"Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.9, No.1 2021, pp. 117-129

Muhamad rifaie, dkk, "ANALISIS E-CRM (ELECTRONIC-CUSTOMER

RELATIONSHIP MANAGEMENT) PADA SHOWROOM PT.TROPICA NUCIFERA INDUSTRY YOGYAKARTA," Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA, Vol. 5, No. 1, Januari 2015 .

Afrianti Dewi, dkk, " ANALISIS KOMODITAS PADI PASCAPANEN BERBASIS E-SCM STUDI KASUS KILANG PADI SUMBER REZEKI," J-Com (Journal of Computer) ISSN 2775-801X, Vol. 1 No. 1, Maret 2021, pp. 49 – 54

Shabrina Amatullah, dkk," PENERAPAN STRATEGI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA SISTEM INFORMASI PELAYANAN PELANGGAN STUDI KASUS : RUMAH KREATIF OGAN ILIR INDRALAYA ", Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Kom-puter (JTIIK) DOI:10.25126-/jtiik.201852555 Vol.5, No.2,Mei 2018, pp. 225-­‐230

.[5] Tukino, "Rancang Bangun Aplikasi e-CRM Alfamart Batam Dengan Metode Extreme Programming", infotekjar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan, vol.3 no.2 Maret 2019,. DOI: https://doi.org/10.30743/infotekja-r.v3i2.84

Mugi Kasih Lestari, dkk, " PENERAPAN E-CRM DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PELANGGAN PADA RUMAH JAMUR SILAU LAUT", JUTSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi) Vol. 1 No. 1, Feb 2021, hlm. 45 – 50 ISSN 2774-9029, DOI: https://doi.org/10.33330/.v1i1.1028.

Rita Wahyuni1), Hendri Irawan, " PENERAPAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) DALAM UPAYA MENING-KATKAN LOYALITAS DAN PELAYANAN TERHADAP PELANGGAN Studi Pada Bengkel Yamaha Inti Mas Motor", J u r n a l I D E A L I S V o l . 1 N o . 1 , M a r e t 2 0 1 8, pp. 489-496.




DOI: https://doi.org/10.33330/j-com.v3i1.2235

Article Metrics

Abstract view : 462 times
PDF - 224 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.