SISTEM INFORMASI PENERAPAN E-CRM UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PELANGGAN DI FAMILY BOX PEKANBARU
Abstract
Abstract: Family Box is a karaoke entertainment venue located on Jl. HR Soebrantas Panam Pekanbaru, during this pandemic the family box has experienced a decrease in customers so that the family box needs to remanage services at the Family box. Family Box is an entertainment place that has a lot of competition with other karaoke places such as Koro-Koro, Happy Puppy and so on. During this pandemic, the family box overcame the competition by providing free 1 hour karaoke for customers who order 1 hour karaoke with the condition that they follow and post the customer's personal Instagram or by ordering food that has been set by the family box. And the family box also provides free Voucher Room for customers who order food at karaoke with the condition that they order food which is also specified by the family box. With this problem the researcher wants to build a family box management information system in an effort to improve management in the family box. For this reason, the company implements Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) to best serve customers so that customers feel satisfied and valued by the company. With CRM, companies will get detailed information about customers. The information is in the form of customer personal data, criticisms, suggestions and whatever is needed by the customer, so that the company can provide responses, services and changes according to what the customer wants.
Keywords : information system; CRM; service; customer
Abstrak :Family Box adalah tempat hiburan karaoke yang terletak di Jl.HR Soebrantas Panam Pekanbaru, dimasa pendemi ini family box mengalami penurunan pelanggan sehingga Family Box perlu melakukan pengelolaan ulang terhadap pelayanan di Family Box. Family Box tempat hiburan yang banyak memiliki persaingan dengan tempat karaoke lainnya seperti Koro-Koro, Happy Puppy dan lain sebagainya. Pada masa pendemi ini family box mengatasi persaingannya dengan cara memberi free karaoke 1 jam bagi customer yang memesan 1 jam karaoke dengan syarat mengikuti dan memposting instagram pribadi customer atau dengan memesan makanan yang sudah ditetapkan Family Box. Dan Family Box juga memberikan Free Voucher Room bagi customer yang memesan makanan pada saat karaoke dengan syarat memesan makanan yang juga ditetapkan Family Box. Dengan permasalahan ini peneliti ingin merancang dan membangun sebuah sistem informasi pengelolaan Family Box dalam upaya peningkatan pengelolaan di Family Box. Untuk itu, perusahaan menerapkan Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) untuk melayani pelanggan dengan sebaik- baiknya agar pelanggan merasa puas dan dihargai oleh perusahaan. Dengan CRM, perusahaan akan mendapatkan informasi yang rinci mengenai pelanggan. Informasi itu berupa data pribadi pelanggan, kritik, saran dan apa saja yang dibutuhkan oleh pelanggan, sehingga perusahaan dapat memberikan tanggapan, pelayanan, serta perubahan-perubahan yang sesuai dengan apa yang diinginkan pelanggan.
Kata kunci : sistem informasi; CRM; pelayanan; customer
References
Ade Nova Alvionnita, Ada Udi Firmansyah, Dewi Maharani (2021).Implementasi Customer Relationship Management untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pada Klinik Dinda Berbasis Web. 1(1), 71–78.
Adithya Reza Handrico dan Mico Fahrizal (2021). Sistem Informasi E-Crm Berbasis Web Untuk Peningkatan Loyalitas Serta Pelayanan. 12(2), 2021
Ariska, A. M., Irawati, N., & Muhazir, A. (2022). Penerapan Elektronik Customer Relationship Management ( E-CRM ) Dalam Penjualan Roti Berbasis Web. 6(April), 1090–1101.
Johar Saputra Irsandi , Iskandar Fitri, Novi Dian Nathasia, (2021). Sistem Informasi Pemasaran dengan Penerapan CRM ( Customer Relationship Management ) Berbasis Website menggunakan Metode Waterfall dan Agile. 5(4).
Ayu, E. M., & Asbari, M. (2021).Rancang Bangun Sistem Informasi Customer Relationship Management (CRM) berbasis web pada IFA INTERIOR. 9(2), 62–71.
Apriyanti, R., Rohman, F., & Indrawati, N. K. (2020). Pengaruh e-CRM terhadap Kualitas Hubungan dan Hasil dengan Atribut Layanan dan Pemulihan Layanan sebagai Variabel Mediasi.
Dona Marcallina dan Delpiah Wahyuningsih (2020). Penerapan E-commerce dengan Metode Costumer Relationship Management (CRM) Berbasis Website (Studi Kasus: Gudang Distro Palembang).
Hadi Zakaria dan Aida Eka Marlia (2019). Perancangan Sistem Informasi Customer Relationship Management (CRM) untuk Meningkatkan Loyalitas dan Pelayanan Customers Berbasis Web dengan Model Waterfall , 2 , (1), 66–72.
Imam Agustian Nugraha, Vidilla Rosalina dan Suherman (2022) Penerapan Customer Relationship Management (Crm) Pada Sistem Informasi Pelayanan Jasa Meteorologi Berbasis Web. 9 (1), 2022
Lucky Ananda Saputra, Fika Trisnawati. (2021). Aplikasi E-Crm Dalam Pemasaran Kerajinan Khas Lampung. 1(1), 1–10.
Nugraha, R., Safriadi, N., Prawira, D., Tanjungpura, U., Studi, P., & Informasi, S. (2022). Rancang Bangun Sistem CRM ( Customer Relationship Management ) Pada Usaha Pijat Refleksi Berbasis Web Dengan Pola MVC. 9(1), 70–85.
Reza Christiando Purba dan Aryo Nur Utomo (2022). Jurnal Rekayasa Informasi , Vol . 11 No . 1 April 2022 Toko Urban Traffic Berbasis Web Imlemenasi Of customer relationship management ( crm ) on web-based urban traffic stores. 11(1), 48–57.