Implementasi Algoritma Apriori Pada Toko Mitashop

Lesita khairuni siagian, Juna Eska, Hommy Dorthy Ellyany Sinaga

Abstract


Abstract: MitaShop shop is a shop that sells various kinds of cosmetic products. Currently, the MitaShop Store records sales transactions with a notebook, the fulfillment of cosmetic supplies is still in the estimate, so there is often a buildup of products that rarely sell and there is no daily report data so that store owners cannot quickly refill products. From these problems, a Data Mining system was created which aims to minimize and maximize the supply of cosmetic products. By using the Apriori Algorithm method, which is to calculate the highest frequency value to be able to find out the results of selling cosmetic products. So the results of this study can provide an overview to store owners in managing and controlling the pattern of inventory of cosmetic products at MitaShop Stores better.

 

Keywords: Apriori Algorithm; Data Mining; Inventory

 

 

Abstrak: Toko MitaShop adalah toko yang menjual berbagai macam produk kosmetik. Saat ini Toko MitaShop melakukan pencatatan transaksi penjualan dengan buku catatan, pemenuhan persediaan kosmetik masih dalam perkiraan sehingga sering terjadi penumpukan produk yang jarang laku dan belum adanya data laporan harian sehingga pemilik Toko tidak bisa dengan cepat melakukan pengisian produk kembali. Dari permasalahan tersebut maka dibuatlah sistem Data Mining yang bertujuan untuk meminimal dan maksimalkan persediaan produk kosmetik. Dengan menggunakan metode Algoritma Apriori yaitu menghitung nilai frekuensi tertinggi untuk dapat mengetahui hasil penjualan produk kosmetik. Maka hasil dari penelitian ini dapat memberikan gambaran kepada pemilik toko dalam mengatur dan mengontrol pola persediaan produk kosmetik di Toko MitaShop dengan lebih baik lagi.

Kata kunci: Algoritma apriori; Data mining; Persediaan

 


Full Text:

PDF

References


P. H. Simbolon, “Implementasi Data Mining Pada Sistem Persediaan Barang Menggunakan Algoritma Apriori ( Studi Kasus : Srikandi Cash Credit Elektronic dan Furniture ),” J. Ris. Komput., vol. 6, no. 4, pp. 401–406, 2019.

E. L. Hutahaean, M. Safii, and B. E. Damanik, “Implementasi algoritma apriori pada sistem persediaan barang,” vol. 3, no. 3, pp. 173–180, 2020, doi: 10.33387/jiko.

N. F. Ulfha and R. Amin, “IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK MENGETAHUI POLA,” vol. 17, no. 2, pp. 396–402, 2020.

M. K. Dedy Rahman Prehantoro, S.Kom., Buku Ajar Konsep Sistem Informasi. Surabaya, 2020.

N. Adha, L. T. Sianturi, and E. R. Siagian, “IMPLEMENTASI DATA MINING PENJUALAN SABUN DENGAN MENGGUNAKAN METODE APRIORI ( Studi Kasus : PT. Unilever),” Maj. Ilm. INTI, vol. 12, no. 2, pp. 219–223, 2017.

Indya Hartami Santi, Analisa Perancangan Sistem. Jawa Tengah, 2020.




DOI: https://doi.org/10.33330/j-com.v1i3.1359

Article Metrics

Abstract view : 310 times
PDF - 235 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.