THE STRATEGIES TO IMPROVE THE SALE OF BICYCLES USING K-MEANS METHODS

Adi Mas Afandi

Abstract


Data mining is a term used to describe confidential information. A data mining technique is grouping. Clustering is grouping several objects into clusters, where available clusters have a high level. In this study the method used by K-Means is able to partition data in one or more clusters or it can be said to divide the data into several groups. By using the data mining technique, it can be used to classify bicycle sales data. Is the sale of bicycles a sale that is very salable, selling well less. The desired method of research using the K-Means method can produce sales patterns that can help shop owners to increase sales.


Full Text:

PDF

References


Fina Nasari, Surya Darma. Penerapan K-Means Clustering Pada Data Penerimaan Mahasiswa Baru. 2015

Y. A. M, F. Dristyan, and A. Syafnur, “Aplikasi Web Usage Mining Menggunakan Metode Association Rule Dengan Algoritma Fp-Growth Untuk Mengetahui Pola Browsing Pengunjung Website,” Pros. Semin. Nas. Ris. Inf. Sci., vol. 1, p. 1060, Sep. 2019, doi: 10.30645/senaris.v1i0.117.

Nelisa, Aulia Fitrul Hadi. Perancangan Aplikasi Data Mining Transaksi Penjualan Untuk Mengetahui Pola Beli Konsumen Pada Toko Singgalang padang Menggunakan Algoritma Apriori Berbasis Web. 2018.

Koko Handoko. Penerapan Data Mining dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Instansi Perguruan Tinggi Menggunakan Metode K-Means Clustering. 2016

Surmayati, Hari Marfalino, Ade Rahmi. Penerapan Analysis Clustering pada Penjualan Komputer Dengan Menggunakan Algoritma K-Means. 2015.

Abdul Haris. Model Segmentasi Pelanggan Dengan Kernel K-Means Clustering Berbasis Customer Relationship Management. 2016.

Ely Muningsih, Sri Kiswati. Penerapan Metode K-Means Untuk Clustering Produk Online Shop Dalam Penentuan Stok Barang. 2015

Indah Permata Sari, Erfanti Fatkhiyah dan Joko Triyono. Data Mining Menggunakan Algoritma K-Means Clustering Untuk Pengelompokan Produk Yang Paling Tidak Laku Terjual Pada Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Yokyakarta (KOPMA UNY). 2017

Darmi Yulia, Setiawan Agus . Penerapan Metode Clustering K-Means Dalam Pengelompokan Penjualan Produk. 2016.

Suprapto Totok. Klasifikasi Data Mahasiswa Menggunakan Metode K-Means Untuk Menunjang Pemilihan Strategi Pemasaran.2016

Butarbutar Nelson, dkk. Komparasi Kinerja Algoritma Fuzzy C-Means dan K-Means Dalam Pengelompokan Data SIswa Berdasarkan Prestasi Nilai Akademik Siswa. 2016

Metisen Benri Melpa, Sari Herlina Latipa. Analisis Clustering Menggunakan Metode K-Means Dalam Pengelompokan Penjualan Produk Pada Swalayan Fadhila. 2015

M. Mardalius, “Pemanfaatan Rapid Miner Studio 8.2 Untuk Pengelompokan Data Penjualan Aksesoris Menggunakan Algoritma K-Means,” Jurteksi, vol. 4, no. 2, hal. 123–132, 2018, doi: 10.33330/jurteksi.v4i2.36.




DOI: https://doi.org/10.33330/icossit.v1i1.764

Article Metrics

Abstract view : 296 times
PDF - 143 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.