PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTOGRAPH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Mustika Fitri Larasati Sibuea

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di kelas X RPL SMK Swasta Tamansiswa Sukadamai. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X RPL SMK Swasta Tamansiswa Sukadamai Kabupaten Asahan sebanyak 30 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk essay tes. Hasil penelitian diperoleh sebelum diberikan pembelajaran terdapat 23,3% siswa yang tuntas, setelah diberikan pembelajaran pada siklus I terdapat 63,3% siswa yang telah tuntas dan mengalami peningkatan setelah dilakukan pembelajaran pada siklus II terdapat 86,7% siswa yang telah tuntas belajar dengan daya serap  65%.

 

                          Kata Kunci : Hasil Belajar , AutographModel Pembelajaran Berbasis Masalah


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Ahmadi Abu dan Supriyono Widodo. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, Cetakan kedua

Djamarah, S.B. dan Zain Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, Cetakan ketiga.

Sembiring, M. A. (2016). Penerapan Metode Decission Tree Algoritma C45 Untuk Memprediksi Hasil Belajar Mahasiswa Berdasarkan Riwayat Akademik. Jurteksi (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi), 3(1), 60-65.

Sanjaya Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Solihatin Efin dan Raharjo. 2008. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Sibuea, M. F. L. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MES (Journal of Mathematics Education andScience).


Article Metrics

Abstract view : 247 times
PDF - 289 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.