MEMAHAMI PROGRAM KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA DI LINGKUNGAN KERJA KARYAWAN PT.INTI PALM SUMATERA

Sumantri Sumantri

Abstract


Abstrak: Penelitian ini didasari oleh betapa penting memahami keselamatan dan kesehatan kerja ditempat  kerja. Jika tempat kerja aman dan sehat, setiap orang dapat melanjutkan pekerjaan mereka secara efektif dan efisien. Sebaliknya, jika tempat kerja tidak terorganisir dan banyak terdapat bahaya, kerusakan dan absen sakit tak terhindarkan, mengakibatkan hilangnya pendapatan bagi pekerja dan produktivitas berkurang bagi perusahaan. PT.Inti Palm Sumatera adalah satu satu perusahaan perkebunan swasta nasional yang bergerak di bidang usaha perkebunan kelapa sawit beroperasi sejak tahun 2009. Perusahaan ini memiliki lebih dari 100 orang karyawan telah menerapkan Undang-undang No.1 Tahun 1970 yang mengatur tentang kesehatan, dan keselamatan kerja atau yang lebih dikenal dengan sebutan K3. Penelitian ini juga bertujuan melihat sejauhmana pemahaman karyawan kebun terhadap program kesehatan dan keselamatan kerja yang diterapkan oleh perusahaan. Pada  pelaksanaan pekerjaan pemahaman karyawan ternadap Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sudah berjalan cukup baik, karena semua karyawan yang melaksanakan tugas di kebun pihak perusahaan telah menyediakan alat pelindung diri (APD) bagi para pekerja dan adanya sosialisasi tentang K3 juga sudah dilakukan oleh pihak perusahaan dan para pekerja cukup memahaminya. Namun masih ada saja pekerja yang terkesan tidak peduli dengan Keselamatan dan Kesehatan kerja tersebut, dan hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan dilapangan karena masih ditemui pekerja pemanen buah tidak mengunakan  alat pelindung diri (APD) yang telah diberikan oleh perusahaan.

 

Kata kunci: Keselamatan dan Kesehatan kerja (K3), alat pelindung diri, pemerintah, perusahaan, pekerja.


Full Text:

PDF

References


As’ad. 1995. Psikologi Industri, Edisi Kedua. Yogyakarta: Liberty.

Asyraf Darwis. 2009. Peran Serikat Pekerja. Tesis Magister Manajemen Universitas Diponegoro Semarang.

Keputusan Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia No: kep 1135/men/1987, Tentang Bendera Keselamatan dan kesehatan Kerja.

Kerzner, H, 1998. Project Management : A System Approach to Planning, Scheduling and Controling, 5th edition. Canada.

Peraturan Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia Nomor: PER.05/MEN/1996, Sistem Manajemen K3 didalam suatu perusahaan.

Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Rineka Cipta, Jakarta.

Bulannurdin, R. Nugrahaning., Sugiyarto. 2013 . Analisis Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Kinerja Pekerja Konstruksi (Studi Kasus Proyek Pembangunan The Park Solo Baru).

Husni. 2011. Analisis Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Serta Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) Kuala Tanjung. Tesis Universitas Sumatera Utara Medan.

Husni, Lalu. 2005. Hukum Ketenagakerjaan Indonesia . Edisi Revisi. Cetakan Kelima. Raja Grafindo Persada: Jakarta


Article Metrics

Abstract view : 507 times
PDF - 402 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.