PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DALAM MENGUNGKAPKAN PENDAPAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE TANYA JAWAB PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR

Sri Rezki Maulina Azmi, Muthia Dewi

Abstract


Abstrak: Bahasa Indonesia bagi bangsa Indonesia adalah bahasa persatuan. Bahasa Indonesia juga sebagai alat komunikasi bagi seluruh rakyat Indonesia. Oleh karena itu, pembelajaran bahasa Indonesia dikhususkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik agar berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar secara lisan maupun tulis. Tujuan pembelajaran berbicara yang diharapkan adalah agar siswa mampu mengungkapkan gagasan, pendapat, dan pengetahuan secara lisan, serta memiliki kegemaran berbicara kritis dan kreatif. Secara umum tujuan pembelajaran keterampilan berbicara yaitu siswa mampu mengkomunikasikan ide atau gagasan, dan pendapat, secara lisan ataupun sebagai kegiatan mengekspresikan ilmu pengetahuan, pengalaman hidup, ide, dan lain sebagainya. Dengan belajar berbicara, diharapkan siswa SD tidak hanya dapat mengembangkan kemampuan dalam menyatakan ide atau gagasan yang dimiliki, tetapi siswa diharapkan mampu mempertanggung jawabkan gagasannya. Siswa juga harus dapat menyusun, mengungkapkan bahasa secara benar dan baik, sehingga gagasan yang diungkapkan menjadi suatu bermakna.

 

Kata kunci: Bahasa Indonesia, Keterampilan Berbicara, Metode Tanya Jawab


Full Text:

PDF

References


Arsjad, Maidar G dan U. S. Muhti. 1988. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Aqib, Z., 2006. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru,Bandung : CV.Yrama Widya .

Djamarah, S.B., dan Zain, A., 2002. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Bineka Cipta

Dewi, Rosmala. 2009. “Propesionalisasi Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas”. Medan: CV. Darma

Muslish, Masniir.2009. “Melaksanakan PTK Itu Mudah”. Jakarta: Bumi Aksara

Sudjana, N., 1988. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Tarigan, Hendri Guntur. 1986. “Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa”. Bandung: Angkasa

Tim Penyusun, 2010. “Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan”. Medan: Unimed


Article Metrics

Abstract view : 459 times
PDF - 240 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.