STRATEGI PENDEKATAN KOOPERATIF TUTORIAL TEMAN SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA MATA KULIAH PROGRAM APLIKASI AKUNTANSI PADA STMIK ROYAL KISARAN

Norenta Sitohang

Abstract


Abstrak: Perkembangan pendidikan di negara kita khususnya pengembangan kualitas layanan pendidikan di sekolah tinggi sejauh ini pendidikan kita masih didominasi oleh pandangan pengetahuannya sebagai perangkat fakta yang harus dihafal. Kelas masih berfokus pada sistem metode ceramah. Utuk itu diperlukan strategi dalam pencapaian pembelajaran salah satunya strategi pendekatan kooperatif tutorial teman sebaya, sehingga dapat meningkatkan nimat belajar mahasiswa khusnya pada mata kuliah Program Aplikasi Akuntansi khususnya pada kalangan mahasiswa di STMIK Royal Kisaran. Strategi ini merupaya sebuah upaya untuk meningkatkan minat belajar sebagai umpan balik terhadap kemajuan belajar mahasiswa.

 

Kata kunci: Teman Sebaya, stategi kooperatif, minat belajar


Full Text:

PDF

References


Abd. Rachman Abror, 1993. Psykologi Pendidikan, Yogyakarta: PT. Tiara Wacana, Cet. Ke-4

Abin Syamsuddin Makmun. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya Remaja.

Ahmad D. 1980. Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: PT. Alma’arif, Cet. Ke-4

Ali Imran, 1996. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya, Cet, Ke-1

Burton, W.H. 1952. The Gidence of Lerning Activities. New York: Appleton Century Crofts, Inc.

Dedi Supriawan dan A. Benyamin Surasega, 1990. Strategi Belajar Mengajar (Diktat Kuliah). Bandung: FPTK-IKIP Bandung.

Depdikbud,Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1991), Cet. Ke-10

D.P. Tampubolon, 1993. Mengembangkan Minat Membaca Pada Anak, Bandung: Angkasa,Cet, Ke-1

Ekowati, Endang. 2004. Model-Model Pembelajaran Inovatif Sebagai Solusi Mengakhiri Dominasi Pembelajaran Guru. Makalah Workshop Rencana Program dan Implementasi Life Skill SMA Jawa Timur tahun 2004.

Hamalik, Umar. 1994. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hurlock, 1990. Psikologi Perkembangan, Jakarta: Erlangga,

Kurt Singer,Membina Hasrat Belajar di Sekolah, (Terj. Bergman Sitorus), (Bandung:Remaja Rosda Karya, 1987)

Mahfudh Shahuddin, 1990. Pengantar Psikologi Pendidikan, Surabaya: Bina Ilmu,

M. Alisuf Sabri, 1995. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, Cet-11

M. Dalyono, 1997. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta

Mc. Donald. 1959. Educational Psychology. San Francisco: Wardsworth Publishing, Inc.

Muhibbin Syah, 2001. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru: Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, Cet. Ke-6

Muslimin, Ibrahim. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Mussen, P.H. Conger. J.J. , Kagan, J. dan Huston, A.C. 1984. Perkembangan dan Kepribadian Anak. Terjemahan oleh Meitasari Tjandrasa. 1988. Jakarta: Erlangga.

Mustanin, Nur. 2000. Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: University Press.

Singgih D.G. dan Ny. SDG,Psikologi Perawatan, (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1989), Cet.Ke-3

Slameto, 1991. op.cit, Jakarta: Rineka Cipta, Cet. Ke-2

Suryabrata, S. 1985. Psikologi Pendidikan. Jakarta: CV. Rajawali.

Suryabrata, S. 1989. Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Andi Offset.

Udin S. Winataputra. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Wina Senjaya. 2008. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Winkel, W.S. 1984. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.


Article Metrics

Abstract view : 275 times
PDF - 152 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.