EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KALKULUS MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTOGRAPH DAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SIKAP MAHASISWA

Muthia Dewi, Sri Rezki Maulina Azmi

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan sikap mahasiswa STMIK Royal Kisaran dengan menggunakan pembelajaran berbasis ICT berbasis Software Autograph dan Geogebra tahun akademik 2017/2018. Pemilihan sampel dengan teknik pengambilan sampel kelompok dilakukan secara acak (cluster random sampling) yaitu dengan penomoran tiap kelas pada kertas lalu dilakukan undian. Berdasarkan undian tersebut maka kelas yang terpilh adalah SI 2F dan SI 2H. Sampel penelitian kelas eksperimen adalah kelas SI 2F dan kelas kontrol SI 2H, yang masing-masing terdiri dari 35 orang mahasiswa. Instrumen penelitian berupa skala sikap, format observasi selama proses pembelajaran berlangsung, format wawancara, dan tes kemampuan awal serta tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian  menunjukkan  bahwa nilai t.hitung sebesar 1,95 dan t.tabel sebesar 2,00. Hasil ini menunjukkan bahwa Ha diterima yang menjelaskan bahwa rata-rata kemampuan pembelajaran menggunakan media Autograph lebih besar daripada rata-rata kemampuan pembelajaran menggunakan media Geogebra. Sedangkan respon mahasiswa terhadap semua aspek berada pada kategori sangat positif (85% ≤ PRS).

 

Kata kunci: Autograph, Geogebra, Kemampuan Pemecahan Masalah, Sikap


Full Text:

PDF

References


Arikunto, 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi), Bandung, Bumi Aksara

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian hasil belajar Peserta didik berdasarkan kurikulum 2013). Jakarta: Rajagrafindo Persada.

National Council of Teacher of Mathematics. (1989). Curriculum and Evaluation Standarsd for School Mathematics. Reston, VA: Authur.

Polya, George. (1973). How To Solve It A New Aspect Of Mathematical Method. United States Of America: Princeton University Press.

Ruseffendi, E.T. 1993. Statistika Dasar untuk Penelitian Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Tinggi.

Suherman, Erman. dkk.(2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA – UPI.

Suherman, E. (2003). Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika. Jakarta: Pusat Penerbitan UT.

Suryabrata, Sumadi. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Medya Duta.

Van de Walle, John A., (2008), Matematika Sekolah Dasar dan Menengah, Erlangga, Jakarta


Article Metrics

Abstract view : 273 times
PDF - 214 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.