UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI INDEX CARD MATCH (ICM)

Siti Habsari Pratiwi, Sunarsih Sunarsih

Abstract


Abstrak:   Hasil pembelajaran matematika di Sekolah Dasar sangatlah memperhatikan, terutama di Kelas III SD Negeri Bukit Rata. Oleh karena itu, peneliti menerapkan strategi Index Card Match (ICM) untuk memperbaiki proses pembelajaran. Strategi Index Card Match (ICM) adalah strategi pembelajaran yang menuntut siswa untuk lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I telah diketahui dari 13 siswa terdapat 7 siswa (54%) yang tuntas 6 (46%) siswa yang tidak tuntas. Perolehan nilai tertinggi pada siklus I nilai 90 dan yang terendah 50. Jumlah nilai secara keseluruhan 800 dengan nilai rata-rata kelas mencapai 6,15. Sedangkan pada siklus II, hasil belajar siswa sangat memuaskan, terlihat dari 13 siswa, sebanyak 11 siswa (85%)  yang tuntas dengan nilai rata-rata kelas sebesar 77,6. Nilai tertinggi pada siklus II telah mencapai 100 dan yang terendah berkisar 50. Jumlah nilai secara keseluruhan 1010 dengan persentase ketuntasan sebesar (85%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Index Card Match (ICM) mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hal ini terbukti dari hasil penelitian yang telah dilakukan di SD Negeri Bukit Rata di Kelas III tahun ajaran 2017 – 2018

.

Kata kunci: strategi Index Card Match (ICM,), Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dzamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamruni. 2009. Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif-Menyenangkan. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Hernawan, Herry Asep. 2007. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Siberman. 2007. Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Madani.

Sudjana, Nana. 1998. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Wawancara dengan Bapak Erlianto, S.Pd. di Kelas III SD Negeri Bukit Rata pada hari Kamis Tanggal 30 Maret 2017.


Article Metrics

Abstract view : 126 times
PDF - 130 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.