POTENSI PEMBELAJARAN BERBASIS REMAP COOPLE PADA MATAKULIAH MIKROBIOLOGI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BERPIKIR KRITIS MAHASISWA FARMASI

Deswidya S Hutauruk, Jubelando O Tambunan

Abstract


Abstrak: Salah satu model pembelajaran yang berpotensi meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis mahasiswa adalah pembelajaran Remap Coople (Reading Concept Map Cooperative Learning) terintegrasi dengan Cooperative Script. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan mahasiswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Remap Coople dibandingkan dengan mahasiswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional, (2) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model Remap Coople terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Populasi  peelitian ini adalah seluruh mahasiswa Farmasi Universitas Efarina Semester Genap tahun ajaran 2017/2018 dengan sampel kelas diambil sebanyak 2 kelas secara acak sehingga diperoleh satu kelas diberi pengajaran dengan model Pembelajaran Berbasis Remap Coople dan  kelas lainnya diberi pengajaran  dengan model  Pembelajaran Konvensional. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan menggunakan instrumen yang terdiri dari instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Instrumen perlakuan terdiri dari Silabus, RPP, dan Lembar observasi dengan sintaks model pembelajaran Remap CS yang telah dikembangkan dan divalidasi. Instrumen pengukuran terdiri dari 10 soal uraian untuk mengukur keterampilan berpikir kritis. Data dianalisis menggunakan uji beda dan correlation pada SPSS 17.0 dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar mikrobiologi mahasiswa secara signifikan pada mahasiswa yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasisi remap CS dibandingkan dengan hasil belajar mahasiswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional berbasis pendekatan saintifik. Dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi diperoleh ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran remap coople terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa. 

 

Kata kunci :Remap coople, Konvensional, Hasil Belajar, Berpikir Kritis


Full Text:

PDF

References


Antika, L. T. 2015. Hubungan Antara Minat Baca, Keterampilan Metakognitif, dan Keterampilan Berpikir Kritis dengan Hasil Belajar Biologi Berbasis Reading-Concept Map-Think Pair Share (TPS). Tesis tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Dinnurriya, M. S. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Biologi Berbasis Reading-Concept Map-Numbered Heads Together (Remap NHT) Terhadap Minat Baca, Kemampuan Metakognitif, Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMA Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Kowiyah, “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah”, Jurnal Edukasi, Vol.3, 2012, h. 15.

Kurniawati Z., Zubaidah S., Mahanal S. 2016. Model Pembelajaran Remap CS (Reading Concept Map Cooperative Script) untuk Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Malang: Universitas Negeri Malang

Kurniawati Z., Zubaidah S., Mahanal S. 2016. Pemberdayaan keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif melalui pembelajaran biologi berbasis reading-concept map-cooperative script (remap-cs). Malang: Universitas Negeri Malang

Prihartiningsig, Zubaidah S, Kusairi S. 2016. Kemampun Berpikir Krtitis Siswa SMP Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Pros. Semnas Pendidikan IPA Pascasarjana UM. Vol 1. 2016, ISBN : 978-602-9286-21-2.

Ramadhan F, Mahanal S, Zubaidah S. 2016. Potensi Remap STAD (Reading Concept Mapping Student Teams Achievement Division) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Proceeding Biology Education Conference (ISSN: 2528-5742), Vol 13(1) 2016: 203-208

Rosyida F., Zubaidah S., Mahanal S. 2016. Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis dengan Model Pembelajaran Remap TmPS (Reading Concept Map Timed Pair Share). Malang: Universitas Negeri Malang

Sholihah M, Zubaidah S, Mahanal S. 2016. REMAP RT (Reading Concept Map Reciprocal Teaching) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Malang: Universitas Negeri Malang


Article Metrics

Abstract view : 613 times
PDF - 383 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.