PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DENGAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION

Fitri Amelia Ritonga, Yurnani Yurnani

Abstract


Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Learning Cycle Dengan Learning Starts With A Question pada materi atmosfer.Penelitian ini adalah penelitian eksperimen.Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 17 Medan tahun ajaran 2013/2014.Pemilihan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Kelas yang terpilih sebagai sampel adalah X2 sebagai kelas kontrol dan  X3sebagai kelas eksperimen.. Alat pengumpul data berupa tugas individu, aktivitas diskusi,nilai lembar kerja siswa dan tes, kemudian dianalisis dengan analisis statistik kuantitatif. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Learning Cycle (LC) dan Learning Starts With A Question  (LSQ)  pada materi atmosfer di kelas X SMA N 17 Medan, dengan thtiung (-0,64) <ttabel (1,99) dengan dk = 84 pada taraf α = 0,05. Nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas LC sebesar 77,40, 26,2% siswa belum bisa mencapai KKM dan 73,8% siswa yang memenuhi KKM. nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas LSQ sebesar 76,43, 25% siswa belum bisa mencapai KKM dan 75% siswa yang memenuhi KKM. Hasil belajar dengan model pembelajaran Learning Starts With A Question  (LSQ)  lebih baik daripada Learning Cycle (LC).

 

Kata kunci: hasil belajar, learning cycle, learning starts with a question


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara

Aziz, Muhammad. 2012.Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Strategi Think Pair Square Dan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran TKJ (Online).

Daryanto.1999.Evaluasi Pendidikan. Jakarta:PT. Rineka Cipta

Dimyati dan Mudjiono.2009.Belajar Dan Pembelajaran.Jakarta:PT Rineka Cipta

Dini Afriani, dkk.2012.Perbedaan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle Dengan Problem Based Instruction Di SMA Negeri 1 Cigudeg

Fajaroh, Fauziatul dan I Wayan Dasna.2007.Pembelajaran Dengan Model Siklus Belajar (Learning Cycle).

Istiawati, Yuli.2011.Tingkat Aktivitas dan Perbedaan Hasil Belajar Siswa pada Model Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) dan Model Pembelajaran Jigsaw Mata Pelajaran Geografi SMA Negeri 1 Lasem-Rembang Tahun Ajaran 2010/2011.

Ngalimun.2013. Strategi dan Model Pembelajaran.Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Simbolon,Roberto.Skripsi.2012. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Geografi Materi Hidrosfer Kelas X SMA Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan T.A 2011/2012.Skripsi (tidak diterbitkan). Medan: Fakultas Ilmu Sosial UNIMED.

Susatyo, Eko Budi. dkk.2009.Penggunaan Model Learning Start With A Question Dan Self Regulated Learning Pada Pembelajaran Kimia.

Trianto.2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Widodo, Puguh.2013.Studi Komparasi Hasil Belajar Kognitif Biologi Model Pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle ) Dengan Konvensional Pada Siswa Kelas X Sma N 1 Jatisrono Tahun Pelajaran 2012/2013.

Yani, Ahmad dan Mamat Ruhimat.2007.Geografi untuk kelas X SMA/MA.Bandung:Grafindo Media Pratama


Article Metrics

Abstract view : 227 times
PDF - 131 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.