PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS IDI (INTRUCTIONAL DEVELOPMENT INSTITUTE)

Purnama Sari, Dina Ampera

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa model pembelajaran IDI pada mata pelajaran perawatan tangan dan mewarnai kuku serta untuk mengetahui efektifitas pengembangan model pembelajaran IDI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Beringin. Pada  pelajaran perawatan tangan dan mewarnai kuku. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X tata kecantikan kulit yang berjumlah 30 orang di SMK Negeri 1 Beringin. Data tentang kualitas produk pengembangan dikumpulkan dengan angket. Data – data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penlitian menunjukkan: (1) ahli materi berada pada kulifikasi sangat baik (89,27%), (2) uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi baik (84,7%), (3) uji coba kelompok kecil berada pada kulifikasi (80,3%), (4) uji coba kelompok sedang berada pada kualifikasi baik (86%), (5) uji coba kelompok besar berada pada kualifikasi sangat baik (90,5%), (6) uji efektifitas siwa pada kualifikasi sangat baik (92%), (7) uji efektifitas guru pada kualifikasi sangat baik (91%), ini membuktikan tingkat keefektifan model pembelajaran IDI yang dikembangkan sangat baik. Oleh karena itu sebaiknya model pembelajaran IDI digunakan dalam pembelajaran perawatan tangan dan mewarnai kuku.

 

Kata kunci: pengembangan, model pembelajaran, IDI


Full Text:

PDF

References


Arends. (2008). Learning to Teach-Belajar untuk Mengajar. Pustaka Belajar, Yogyakarta. (penerjemah Soetjipto, dkk)

Fatah, Eli Nur. (2008). Model Pengembangan Instruksional. Diakses 10 Agustus 2015 dari http://makalahpaperjournal.blogspot.com/2008/12/model-pengembangan-intruksional_22.html

Fitryane, Rannie. (2011). Kiat Cantik & Menarik. Bandung: Yrama Widya

Gustafson, Kent L & Robert Maribe. (2002). Survey Of Instructional Development Models. New York : Educational Resources Information Center

Harjanto. (2008). Perencanaan Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Hidayah, Nina. (2015). Pengembangan Pembelajaran Fisika Berbasis Multi Representasi Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Optika Geometris Bagi Siswa Sma/Ma. Skripsi Thesis. Yogyakarta, Uin Sunan Kalijaga

Joyce, B and Weil. (2009). Model of Teaching (edisike – 8, cetakan ke – 1). Diterjemahkan Oleh Achmad Fuwaid dan Ateila Mirza. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Karakhati, Nathalia. (2010). Nail Art – Seni Melukis Kuku. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Kustanti, Henri., dkk. (2008). Tata Kecantikan Kulit Jilid 2. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. Departemen Pendidikan Nasional

Kwongboonsin. (2008). Human Competences : Towards Further Investigation. Diakses Pada 07 Agustus 2015 dari http://www.authorstream.com/Presentation/kwongboonsin-162739-human-competences-education-ppt-powerpoint

Maryunita. (2011). Manicure Pedicure. Diakses pada 10 Agustus 2015 dari http://maryunitafeehily.blogspot.co.id/2011/05/manicure-pedicure.html

Melati. (2012). Pengertian Massage. Diakses pada 10 februari 2016 dari http://ra-dewisekarmelati.blogspot.co.id/p/masase.html

Prayogi, Sigit Agung. (2011). Pengembangan Pembelajaran Fisika Berwawasan Konstruktivis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Skripsi thesis. Yogyakarta, UIN Sunan Kalijaga

Sari, Dian Maya. (2012). Perawatan Body Spa, Manicure dan Pedicure, Bleaching Tangan dan Kaki, Mahendi Tangan. Universitas Negeri Medan

Suciati. (2010). Massage. Diakses pada 10 Februari 2016 dari http://file.upi.edu/Direktori/FPTK/JUR._PEND._KESEJAHTERAAN_KELUARGA/197501282001122-SUCIATI/Massage.pdf

Sumarno, Alim. (2013). Model – model Pengembangan Bahan Ajar. Diakses Pada 10 Agustus 2015 dari http://dokumen.tips/documents/model-model-pengembangan-bahan-ajar.html

Suparman, M. Atwi. (2012). Desain Instruksional Modern. Jakarta: Erlangga

Syarifuddin. (2011). Model Desain Pembelajaran Versi Idi. Diakses pada 12 Februari 2016 dari http://syariftugas.blogspot.co.id/2011/12/model-desain-pembelajaran-versi-idi.html

Tresna, Pipin. (2010). Modul 4 Merawat Tangan, Kaki Dan Rias Kuku. Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta: Prenada Media Group

Vhitha. (2009). Modul Manicure. Diakses pada 10 Agustus 2015 dari https://vhitha.wordpress.com/2009/06/23/modul-manicure/


Article Metrics

Abstract view : 2288 times
PDF - 2260 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.