PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS IDI (INTRUCTIONAL DEVELOPMENT INSTITUTE)
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa model pembelajaran IDI pada mata pelajaran perawatan tangan dan mewarnai kuku serta untuk mengetahui efektifitas pengembangan model pembelajaran IDI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Beringin. Pada pelajaran perawatan tangan dan mewarnai kuku. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X tata kecantikan kulit yang berjumlah 30 orang di SMK Negeri 1 Beringin. Data tentang kualitas produk pengembangan dikumpulkan dengan angket. Data – data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penlitian menunjukkan: (1) ahli materi berada pada kulifikasi sangat baik (89,27%), (2) uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi baik (84,7%), (3) uji coba kelompok kecil berada pada kulifikasi (80,3%), (4) uji coba kelompok sedang berada pada kualifikasi baik (86%), (5) uji coba kelompok besar berada pada kualifikasi sangat baik (90,5%), (6) uji efektifitas siwa pada kualifikasi sangat baik (92%), (7) uji efektifitas guru pada kualifikasi sangat baik (91%), ini membuktikan tingkat keefektifan model pembelajaran IDI yang dikembangkan sangat baik. Oleh karena itu sebaiknya model pembelajaran IDI digunakan dalam pembelajaran perawatan tangan dan mewarnai kuku.
Kata kunci: pengembangan, model pembelajaran, IDI
References
Arends. (2008). Learning to Teach-Belajar untuk Mengajar. Pustaka Belajar, Yogyakarta. (penerjemah Soetjipto, dkk)
Fatah, Eli Nur. (2008). Model Pengembangan Instruksional. Diakses 10 Agustus 2015 dari http://makalahpaperjournal.blogspot.com/2008/12/model-pengembangan-intruksional_22.html
Fitryane, Rannie. (2011). Kiat Cantik & Menarik. Bandung: Yrama Widya
Gustafson, Kent L & Robert Maribe. (2002). Survey Of Instructional Development Models. New York : Educational Resources Information Center
Harjanto. (2008). Perencanaan Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Hidayah, Nina. (2015). Pengembangan Pembelajaran Fisika Berbasis Multi Representasi Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Optika Geometris Bagi Siswa Sma/Ma. Skripsi Thesis. Yogyakarta, Uin Sunan Kalijaga
Joyce, B and Weil. (2009). Model of Teaching (edisike – 8, cetakan ke – 1). Diterjemahkan Oleh Achmad Fuwaid dan Ateila Mirza. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Karakhati, Nathalia. (2010). Nail Art – Seni Melukis Kuku. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Kustanti, Henri., dkk. (2008). Tata Kecantikan Kulit Jilid 2. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. Departemen Pendidikan Nasional
Kwongboonsin. (2008). Human Competences : Towards Further Investigation. Diakses Pada 07 Agustus 2015 dari http://www.authorstream.com/Presentation/kwongboonsin-162739-human-competences-education-ppt-powerpoint
Maryunita. (2011). Manicure Pedicure. Diakses pada 10 Agustus 2015 dari http://maryunitafeehily.blogspot.co.id/2011/05/manicure-pedicure.html
Melati. (2012). Pengertian Massage. Diakses pada 10 februari 2016 dari http://ra-dewisekarmelati.blogspot.co.id/p/masase.html
Prayogi, Sigit Agung. (2011). Pengembangan Pembelajaran Fisika Berwawasan Konstruktivis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Skripsi thesis. Yogyakarta, UIN Sunan Kalijaga
Sari, Dian Maya. (2012). Perawatan Body Spa, Manicure dan Pedicure, Bleaching Tangan dan Kaki, Mahendi Tangan. Universitas Negeri Medan
Suciati. (2010). Massage. Diakses pada 10 Februari 2016 dari http://file.upi.edu/Direktori/FPTK/JUR._PEND._KESEJAHTERAAN_KELUARGA/197501282001122-SUCIATI/Massage.pdf
Sumarno, Alim. (2013). Model – model Pengembangan Bahan Ajar. Diakses Pada 10 Agustus 2015 dari http://dokumen.tips/documents/model-model-pengembangan-bahan-ajar.html
Suparman, M. Atwi. (2012). Desain Instruksional Modern. Jakarta: Erlangga
Syarifuddin. (2011). Model Desain Pembelajaran Versi Idi. Diakses pada 12 Februari 2016 dari http://syariftugas.blogspot.co.id/2011/12/model-desain-pembelajaran-versi-idi.html
Tresna, Pipin. (2010). Modul 4 Merawat Tangan, Kaki Dan Rias Kuku. Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta: Prenada Media Group
Vhitha. (2009). Modul Manicure. Diakses pada 10 Agustus 2015 dari https://vhitha.wordpress.com/2009/06/23/modul-manicure/