PENGGUNAAN MODEL KOLABORASI PICTURE AND PICTURE DAN WEBBING TECHNIQUE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

Nazlia Nazlia

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menilai keberhasilan penggunaan model picture and picture dan webbing technique dalam pembelajaran bahasa Inggris dalam meningkatkan kemampuan menulis dan berbicara siswa, serta untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan model pembelajarantersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam peneltian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas Elementary-Two di Lembaga Penddikan dan Latihan Herman (LPLH) Medan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dimana pada tiap siklusnya diberikan posttest. Hasil dari posttest tersebut dihitung rata-ratanya kemudian dibandingkan dengan hasil pretest yang dilakukan sebelum dilakukan siklus I dan II. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan adanya peningkatan hasil rata-rata nilai siswa dari pretest ke posttest I yaitu dari 63 pada kemampuan menulis dan 58,2 pada kemampuan berbicara menjadi 69,7 pada kemampuan menulis dan 68,4 pada kemampuan berbicara. Kemudian hasil posttestkembali meningkatkan pada siklus II yaitu 77,4 pada kemampuan menulis dan 72,5 pada kemampuan berbicara. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran picture and picture dan webbing technique terbukti dapat meningkatkan kemampuan menulis dan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Selain itu, pengkombinasian kedua model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan antusiasme atau minat siswa dalam mengikuti pembelajaran bahasa Inggris.

 

Kata kunci: model pembelajaran, picture and picture,webbing


Full Text:

PDF

References


Fraenkel, J R., & Norman, E. W. (2008). How to Design and Evaluate Research in Education (Seventh Edition). New York: McGraw-Hill.

Istarani. (2011). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

K., Abdul H. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Medan: Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan.

Khairunnisa. (2012). The effect of applying Webbing Technique to the Students’ Achievement in Teaching Vocabulary. Skripsi. Medan: Universitas Muhammadyah Sumatera Utara.

Saragih, A. T.,& Saragih, A. (2014). Course Book Writing. Medan: UNIMED Press.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Broughton, dkk. (1980). Teaching English as a Foreign Language (2nd ed.). New York: Routledge.

Halliday, M.A.K. (1985). An Introduction to Functional Grammar. London: Edward Arnold.

Hornby, A.S. (1995). Oxford Advanced Learner’s Dictionary. Great Britain: Oxford University Press.

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ariana. (2015). Webbing Technique to Improve the Students’ Writing Recount. Exposure Journal. 4 (2): 156 – 179.

Pradina, Y. A., & Hastuti, W. D. (2017). The Effect of Picture and Picture Learning Model towards Science Outcomes for Students with Hearing Impairment in the Class VII. Journa


Article Metrics

Abstract view : 278 times
PDF - 123 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.