PEMAHAMAN GURU-GURU SMA NEGERI 2 RAMBAH HILIR TERHADAP PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DALAM MENGAJAR

Rita Arianti, Herwandi Herwandi, Asih Ria Ningsih

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman guru dalam perancangan RPP dan pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan model Quantum Teaching  dalam mengajar.Jenis penelitian ini adalah kualitatif   dengan metode deskriptif.Teknik    pengumpulan    data    dalam penelitian  ini  adalah teknik  observasi  dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru-guru SMA Negeri 2 Rambah Hilir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman guru terhadap perancangan RPP dan pelaksanaan pembelajaran melalui penerapan model Quantum Teaching sangat  baik, hal ini dapat dilihat dari kemampuan guru dalam mengajar.Pada tahap awal perancangan RPP ditemukan rumusan indikator dalam RPP masih kurang rinci dan sebagian indikator RPP menyalin apa adanya dari kompetensi dasar sehingga menimbulkan penafsiran ganda dan kurang menggambarkan tahapan dalam pencapaian kompetensi.  Setelah penerapan model Quantum Teaching maka guru sudah mampu merumuskan indikator pembelajaran, tujuan pembelajaran,  materi pembelajaran, merancang langkah-langkah pembelajaran disesuaikan dengan indikator, dan melakukan penilaian pembelajaran.. Penerapan Model Quantum Teaching dalam proses pembelajaran bisa meningkatkan pemahaman guru dalam mengelola kelas, keaktifan bertanya kepada siswa, mengadakan variasi model pembelajaran, penyesuaian antara RPP yang telah dirancang dengan pelaksanaan pembelajaran, dan melakukan evaluasi pembelajaran. Guru menjadi lebih termotivasi dan bersemangat dalam mengajar karena penerapan model yang mampu menciptakan kelas kondusif, meriah, aktif, kreatif, dan menyenangkan. Berdasarkan hasil  penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Quantum Teaching dalam proses pembelajaran mampu meningkatkan pemahaman dan  kompetensi guru, mutu  dan hasil pembelajaran di SMA Negeri 2 Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu.

Kata Kunci: Pemahaman, guru, Quantum, Teaching


Full Text:

PDF

References


Moleong, L. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya

Muslich, M. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta: Bumi Aksara

Rusman. (2014). Model – Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono, (2013).Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA

Yatim Riyanto. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana


Article Metrics

Abstract view : 221 times
PDF - 116 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.