PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY BERBANTUAN BULLETIN BOARD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMK
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Matematika Knisley berbantuan bulletin board lebih baik dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan rancangan posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Wira Harapan Tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik two stages cluster sampling. Data dalam penelitian ini adalah data kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dikumpulkan dengan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif berdasarkan uji-t 1 ekor untuk hipotesis 1.
Kata kunci: Matematika, siswa, knisley
References
Arikunto, S. 2007. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Biggs, John.1993. British Journal of Education Psychology. Great Britain: The British Psychological Society
Borg, W.R. dan Meredith D. G. 1989. Educational Research. London: Long man. (Halaman : 225-227)
Candiasa, I M. 2010. Statstika Multivariate Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha
Hamzah.2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya.Jakarta :BumiAksara
Huda, M. 2013. Model- Model Pengajaran dan Pembelajaran. Malang : Pustaka Pelajar.
Zhao. 2010. The Study on Influencing Factors of Team Brainstorming. International Journal of Business and Management.Tersediahttp://www.ccsenet.org/ijbm [diakses 11-12-2014].