HUBUNGAN BRAND DESTINASI TERHADAP PREFERENSI WISATAWAN MANCANEGARA DI KOTA BENGKULU

Fera Indasari, Yanto Yanto

Abstract


Abstrak: Kegiatan promosi yang dilakukan  Kota Bengkulu untuk bidang industri pariwisata masih sangat minim dilakukan, sehingga jumlah pariwisata yang datang ke Kota Bengkulu tidak pernah melonjak signifikan. Hal tepat untuk menciptakan preferensi positif dalam diri wisatawan  maka Kota Bengkulu harus menetapkan brand destinasi. Branding destinasi di kota bengkulu sangat diperlukan, upaya kegiatan menjadi  penting dalam kerangka penyelenggaraan otonomi daerah di Indonesia khususnya Kota bengkulu. Penelitian ini berjudul “Hubungan Brand Destinasi Pariwisata terhadap preferensi wisatawan mancanegara di Kota Bengkulu” metode yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis rank spearman. Adapun jumlah sampel penelitian adalah sebesar 45 orang resonden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand destinasi memiliki hubungan yang signifikan dengan preferensi wisatawan mancanegara di Kota Bengkulu dimana hal ini dilihat dari nilai r hitung = 0,610 dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0,005 < 0,05  dan berada pada interval 0,60 – 0,799 sehingga diputuskan brand detinasi dengan preferensi wisatawan berhubungan kuat dan signifikan. nilai t hitung variabel x lebih besar dari pada nilai t tabel (7,753 > 1,681) dengan tingkat signifikan dibawah 0,05 yaitu 0,0000 dan disimpulkan bahwa variabel brand destinasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap preferensi wisatawan mancanegra di Kota Bengkulu.

 

Kata Kunci: Brand Destinasi, Preferensi wisatawan mancanegara


Full Text:

PDF

References


BPS Provinsi Bengkulu. 2017. Konsep dan Definisi Statistik Kunjungan Wisatawan Mancanegara. Di unduh pada tanggal 15 juni 2017

https://bengkulu.bps.go.id/Subjek/view/id/16#subjekViewTab1

Bungin, Burhan. 2015. Komunikasi Pariwisata. Jakarta:Prenadamedia Group

Dwiputra, Roby. 2013. PreferensiWisatawan Terhadap Sarana Wisata di Kawasan Wisata Alam Erupsi Merapi.Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota. Vol. 24 No 1, April 2013 hlm.35-34

Roslila, Fransika Eva., Ida Bagus Suryawan. 2016.Strategi Pengelolaan Kabupaten Samosir Sebagai Daya Tarik WisataAlam di Provinsi Sumatera Utara. ISSN: 2338-8811. Vol. 4 No. 1, 2016

Sugiyono. 2010.Metode Penelitian kuantitatif Kualitatif. Bandung : Alfabeta

Tunggal, Amid Widjaja,.Tanya Jawab: Perilaku Konsumen dan Pemasaran Strategi. (Jakarta: Penerbit Harvarindo, 2005).


Article Metrics

Abstract view : 222 times
PDF - 164 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.