IDEOLOGI GENDER PADA PEREMPUAN BATAK KARO DAN PEREMPUAN JAWA DI DESA PURWOBINANGUN (KAJIAN WACANA KRITIS)

Sri Ulina Beru Ginting, Erlinda Nofasari, Fheti Wulandari Lubis

Abstract


Abstrak :Masyarakat suku Karo  dikenal dengan masyarakat pekerja keras, di mana mayoritas mata pencahariannya sebagai petani oleh karena itu ia sangat jujur terhadap keadaan alam. Kejujuran itu dikenal dengan ungkapan adat “ Mbuah page ni suan, merih manuk ni asuh “ ( berlimpah pertanian yang dihasilkan dan berkembang biak ayam yang diternakan). Dalam  Idiologi Gender   pada Perempuan Batak Karo dan Perempuan Jawa di Desa Purwobinangun: Kajian Wacana Kritis  dipahami bagaimana perempuan Karo dan Jawa jauh sangat berperan dalam menghidupi kebutuhan rumah tangga dibanding dengan laki laki Karo dan laki-laki Jawa yang tinggal di pedesaan, makanya perempuan Karo dan Jawa dikenal dengan perempuan yang pekerja keras. Idiologi gender antara kaum laki-laki dan kaum perempuan Karo di desa Purwobinagun,  secara umum dapat dikatakan kajian perempuan atau analisis gender mencoba mengangkat  kepermukaan sehingga keadilan dan kesetaraan gender secara struktural dan kultural dapat diwujudkan. Dengan kata lain dapat dikatakan analisis  gender bukan sekedar kajian tentang perempuan, tetapi juga kajian terhadap isu perempuan, perspektif perempuan, kepentingan perempuan,perbaikan kedudukan dan peran perempuan, sejarah perempuan, sosok perempuan. Dalam penelitian ini akan membahas “ idiologi gender  pada perempuan Karo dan Enik Jawa di Desa Purwobinangun: kajian wacana kritis”.

Kata Kunci : Idiologi Gender, Perempuan Karo, Perempuan Jawa, Wacana Kritis.


Full Text:

PDF

References


Ammalia,Agustya. (2013).Wacana Peran Perempuan Dalam Kolom Story Rubrik For Her Surat Kabar Jawa Pos. Jurnal sastra Indonesia .JSI 2 (1).

Anugriaty. (2015).Bias Gender Sebagai Prediktor Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Jurnal Psikologi.UGM.Volume 35.No.1,1-20.

Artawan, Gde. (2018). Menembus Patriarki: Refleksi Perjuangan Perempuan Bali dalam Novel Indonesia.Depok:Rajawali Perss

Benny, H.Hoed. (2007).Semiotika & Dinamika Sosial Budaya.Yogyakarta: Komunitas Bambu.

Dwi, Astuti. (2016).Media Dan Gender ( Studi Deskriptif Represtatif Stereotef Perempuan Dalam Iklan di Tv Swasta) Jurnal Poetika.Vol 09/N0.12.25-32.


Article Metrics

Abstract view : 1233 times
PDF - 1290 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.