ETHNOMATEMATIKA GEULENGKUE TEU PEU POE PERMAINAN DAERAH PADA ANAK PESISIR ACEH

Wahyuni Wahyuni

Abstract


Abstrak: Pendidikan dan budaya adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan ethnomatematika yang terdapat dalam permainan Gelengkue Teu Peu Poe pada anak pesisir Langsa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak pesisir Langsa yang berusia tujuh hingga dua belas tahun. Teknik pengambilan sampel incidental. Pemainan gelengkue teu peu poe memiliki konsep pengandaaian, pengukuran, geometri, peluang dan pembilang. Konsep pengandaian ini tampat pada saat menyebut kayu pemukul sebagai mak gelengkue (kayu mamak) dan kayu yang dipukul sebagai aneuk gelengkue (kayu anak). Konsep pengukuran  dan pembilang terlihat ketika anak menghitung jarak antara tempat jatuhnya kayu anak dengan lubang. Pembuatan lubang, garis dan alat merupakan penerapan dari konsep geometri. Sedangkan konsep peluang terlihat ketika anak dapat memperdiksi tim mana yang akan keluar sebagai pemenang dan menghitung beraka persentase kemungkinan timnya untuk menang. Hal ini menunjukkan bahwa ethnomatematika, terdapat dalam permaian gelengkue teu peu poe.

 

Kata Kunci :Ethnomatematika, Geulengkue Teu Peu Poe, Pesisir


Full Text:

PDF

References


Achor, E. E., Imoko, B. I., & Uloko, E. S. (2009). Effect of ethnomathematics teaching approach on senior secondary students’ achievement and retention in Locus. Educational Research and Reviews, 4(8), 385–390.

d’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history of mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44–48. Retrieved from http://files/704/d’Ambrosio_1985.pdf

Fran, K., & Kerkhove, B. Van. (2010). Ethnomathematics and the philosophy of mathematics ( education ). PhiMSAMP. Philosophy of Mathematics: Sociological Aspects and Mathematical Practice, (October 2009), 121–154.

Iluno, C., And, & Taylor, J. I. (2013). Ethnomathematics: The Key to Optimizing Learning and Teaching of Mathematics. IOSR Journal of Research & Method in Education, 3(Ethnomatematika), 2320–7388.


Article Metrics

Abstract view : 355 times
PDF - 357 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.