DAMPAK CRYPTOCURRENCY TERHADAP PEREKONOMIAN INDONESIA

Endra Saputra

Abstract


Abstrak: Perkembangan perekonomian dunia khususnya di Indonesia tidak dapat dilepaskan dari unsur teknologi informasi. Perkembangan teknologi informasi akan berhubungan dengan seluruh bidang termasuk bidang keuangan. Mata uang kripto (Cryptocurrency) atau sering disebut dengan mata uang virtual/digital merupakan hasil dari sebuah perkembangan teknologi keuangan (financial technology). Mata uang digital mulai banyak digunakan sebagai alat pembayaran pada internet. Tujuan mata uang ini dibuat adalah untuk memberikan kemudahan dan keamanan dalam pembayaran. Dengan adanya teknologi Blockchain didalamnya, menjadikan membuat biaya transaksi menjadi lebih murah. Namun, Pemerintah dalam hal ini Bank Indonesia melarang transaksi dengan menggunakan uang digital/virtual karena memiliki dampak berbahaya terhadap Sistem Keuangan, Stabilitas Moneter dan Sistem Pembayaran di Indonesia. Penelitian ini menjelaskan dampak dari Cryptocurrency terhadap Perekonomian Indonesia dan sikap pemerintah terhadap teknologi yang ada didalamnya. Dari sisi teknologi yang ditawarkan, cryptocurrency merupakan perkembangan dari teknologi keuangan yang memungkinkan akan mengganti uang kertas menjadi uang digital dalam transaksi keuangan dimasa depan. Diharapkan pemerintah dapat  mengkaji teknologi yang terdapat pada cryptocurrency dengan lebih mendalam sehingga kebijakan yang dibuat nantinya tidak melarang teknologi yang terdapat pada cryptocurrency serta memberikan pengetahuan kepada masyarakat agar lebih memahami tentang cryptocurrency.

 

Kata Kunci : Blockchain, Cryptocurrency, uang virtual/digital, financial technology, internet


Full Text:

PDF

References


Ausop dan Aulia (2018). Teknologi Cryptocurrency Bitcoin Dalam Transaksi Bisnis Menurut Syariat Islam. Vol 17 No 1 2018. http://journals.itb.ac.id/index.php/sostek/article/view/7365

Sofian (2016). Impelementasi Pembayaran Menggunakan Bitcoin Pada Toko Online Berbasis Peer To Peer. (Jurnal Script Vol. 3 No. 2 Juni 2016, Issn:2338-6313)

Yohandi (2017). Implikasi Yuridis Penggunaan Mata Uang Virtual Bitcoin Sebagai Alat Pembayaran Dalam Transaksi Komersial (Studi Komparasi Antara Indonesia-Singapura. (Diponegoro Law Journal, Volume 6, Nomor 2, Tahun 2017 / http://www.ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dlr/)

https://blockgeeks.com/guides/what-is-cryptocurrency/

http://cryptouniversity.co.id/perkembangan-cryptocurrency-di-indonesia/

https://dailysocial.id/post/jenis-jenis-cryptocurrency-kelebihan-dan-kekurangannya

https://www.cnbcindonesia.com/opini/20180305155325-14-6275/cryptocurrency-idealisme-di-balik-kecemerlangan-teknologi

http://www.neraca.co.id/article/96850/dampak-uang-virtual-jangan-dianggap-remeh

https://id.techinasia.com/sikap-jepang-cina-korea-dan-amerika-serikat-tentang-cryptocurrency

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/11/09/153800126/bi-lirik-pengembangan-teknologi-penggerak-bitcoin

http://scdc.binus.ac.id/csc/2017/01/cryptocurrency-bentuk-baru-ekonomi-dalam-digital/


Article Metrics

Abstract view : 15173 times
PDF - 12012 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.