PENGARUH ELECTRONIC WORTH OF MOUTH DAN CITRA DESTINASI TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN KE PULAU TIKUS

Eska Prima Monique Damarsiwi, Wagini Wagini

Abstract


Abstrak: Pariwisata merupakan salah satu andalan untuk memperoleh devisa Negara dan pengembangannya diharapkan dapat memacu pertumbuhan ekonomi Indonesia. Setiap daerah di Indonesai memiliki potensi untuk dijadikan objek wisata, begitupun dengan daerah Kota Bengkulu yang memiliki wisata bahari yang eksotis yaitu di Pulau Tikus. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh Electronic Word Of Mouth (eWOM) terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke Pulau Tikus dan untuk menganalisis pengaruh Citra Destinasi terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke Pulau Tikus serta untuk menganalisis variabel manakah yang memiliki pengaruh paling dominant berkunjung wisatawan ke Pulau Tikus. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah survey dengan menggunakan kuesioner secara cross sectional dan sampel yang di gunakan sebanyak 385 responden.Hasil dari penelitian variabel independen  Concern for Other (X1) , Helping the company (X3) dan Citra destinasi (X4) secara parsial memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keputusan berkunjung (Y). Sedangkan variabel Expressing  positive filling (X2) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan berkunjung (Y). Namun secara simultan variabel independen  Concern for Other (X1) , Helping the company (X3) dan Citra destinasi (X4) memiliki pengaruh positif signifikan terhadap variabel dependen keputusan berkunjung (Y). Sedangkan variabel Citra destinasi (X4) dianggap  sebagai variabel yang dominan dalam mempengaruhi keputusan berkunjung wisatawan ke Pulau Tikus Bengkulu

 

Kata kunci: electronic word of mouth, citra destinasi, kepuasan konsumen, keputusan berkunjung


Full Text:

PDF

References


Echtner, C. M., & Ritchie, J. B. 2003. The meaning and measurement of destination image. Journal of Tourism Studies, 14(1), 37-48.

Hanif, Asha 2010.Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Kepuasan Wisatawan Serta Dampak Terhadap Loyalitas Wisatawan ( Studi Pada Wisatawan Nusantara Yang Berkunjung Ke Kota Baru).Fakultas Ilmu Administrasi. Universitas Brawijaya

Henkel, R., Henkel, P., Agrusa, W., Agrusa, J.and Tanner, J. 2006. Thailand as a tourist destination: Perceptions of international visitors and Thai residents. Asia Pacific Journal of Tourism Research, 11, 269-287.

Hennig-Thurau, Thorsten. Kevin Gwinner. Gianfranco Walsh. Dwayne Gremler. 2004.

Electronic Word of Mouth Via ConsumerOpinion Platforms: What Motivates consumers to Articulate Themselves on The Internet?. Journal of Interactive Marketing. Vol 18. Num 1, 38: 52

Jeonga, Eunga dan and Soe Cheong (Shawn) Jang. (2011). Restaurant Experiences

Triggering Positive Electronic Word-OfMouth (Ewom) Motivations. International Journal of Hospitality Management Vol. 30, page 356-366.

Lee. J., Park. D.H, & Han. I., (2008).The effect of negative online consumer reviews on product attitude: An information processing view. Electronic commerce research and applications

Malit, Laura. 2010. Social Media: Time Management Tools and Tips. Procedia Computer Science Vol. 3, page 747-753.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran di Indonesia Analisis Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Dialih bahasakan oleh A.B Susanto. Jakarta: Salemba Empat.

Rao Purba.1996. Measuring Consumer Perseption Through factor Analysis. The Asia Manager. Februari-March. Pp 28-32

Santoso,Urip. 2009. Bengkulu Menuju Kota Pariwisata. Jurnal Bengkulu Mandiri. http:/usantoso.wordpres.com. di akses pada 12 Juni 2016.

Sustirahmah. 2013 .Eksistensi Pulau Tikus. http://www.kompasiana.com/sustirahmah/e ksistensi-pulau-tikus. diakses 12 Juni 2017.

Spillane, James, J. 1994. Pariwisata Indonesia : Siasat Ekonomi dan Rekayasa Kebudayaan. Kanisius. Yogyakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomer 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan. https://bengkulu.bps.go.id/Brs/view/id/153 (diakses pada 8 Juni 2017) http://www.ppk-kp3k.kkp.go.id/direktopulau/index.php/pub lic_c/pulau_info/1749 (diakses pada 11 Juni 2017)


Article Metrics

Abstract view : 875 times
PDF - 783 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.