ANALISIS PENGAKUAN BEBAN KERUGIAN ASURANSI MENURUT PSAK NO 28 PADA PT ASURANSI RAMAYANA TBK CABANG MEDAN

Isna Ardila, Yola Vafiola Br Sipayung

Abstract


Abstrak : PT.Asuransi Ramayana Tbk, Cabang Medan merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pertanggungan risiko berupa kerugian financial yang timbul sebagai akibat dari peristiwa yang tidak pasti. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris tentang pengakuan beban kerugian asuransi pada PT.Asuransi Ramayana Tbk, Cabang Medan dan untuk memperoleh gambaran pengakuan beban dan penyajian beban perusahaan apakah sudah sesuai dengan PSAK No. 28. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif dimana data dikumpulkan, disusun, diinterpretasikan, dan dianalisa sehingga memberikan keterangan yang lengkap bagi pemecah masalah. Berdasarkan hasil penelitian, PT.Asuransi Ramayana Tbk, Cabang Medan memiliki kebijakan Akuntansi Keuangan Surat Keputusan Direksi No. SK 025/DMA/1992 dan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No.28. Perusahaan mengakui beban klaim menggunakan metode akrual basis. Namun ada perbedaan untuk asuransi kebakaran dimana pengakuan beban klaim pada saat diterimanya Surat Perintah Pembayaran oleh Kantor cabang. Pengakuan beban klaim untuk asuransi kebakaran belum mengaku pada PSAK No. 28 begitu juga dengan penyajian beban dalam laporan laba rugi perusahaan.

 

Kata Kunci : Beban, Pengakuan, Penyajian


Full Text:

PDF

References


Abbas Salim. (2007). Asuransi dan Manajemen Risiko. Edisi Revisi Kedua. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Danang, Sunyoto dan Wike, Harisa Putri. (2017). Manajemen Risiko Dan Asuransi. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CAPS

Fakta Peluang Usaha (2016). “Pengertian, Manfaat dan Jenis Asuransi Kerugian”. http://jenisasuransiterbaik.blogspot.co.id.

Ikatan Akuntan Indonesia. (2009). Standar Akuntansi Keuangan, Salemba Empat.

Andaki, M.A, J.J Sondakh, dan S. Pinatik. (2015). “Analisis Perbandingan Pengakuan Pendapatan dan Pembebanan Biaya Menurut PSAK dan Undang-undang Perpajakan Pada Perusahaan Jasa

Kontruksi studi pada PT. Anugrah Adyatama, Jakarta”. Jurnal Emba.


Article Metrics

Abstract view : 786 times
PDF - 793 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.