PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. TUNTUNGAN INDAH LESTARI RAYA MEDAN

  • Roza Maya Sari
  • Efry Kurnia

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen secara langsung. Penelitian ini dilakukan di PT. Tuntungan Indah Lestari Raya yaitu sebuah perusahaan pelayanan yang menyediakan arena golf dan fasilitasnya yang ada di kota Medan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan sampel 80 responden yang pernah berkunjung di taman golf tuntungan dan juga para pelanggannya. Teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling dengan teknik analisis menggunakan analisi regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Harga bengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.

 

Kata Kunci : Kualitas pelayanan, harga, kepuasan konsumen

References

Bachtiar. 2011. Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa dalam Memilih Politeknik Sawunggalih Aji Purworejo. Dinamika Sosial Ekonomi Vol 7 No. 1

Dedy Hariyanto dan Nindria Untarini. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Pada Kepuasan Pelanggan Hotel JW Marriot Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen. Vol. 2 No. 4.

Tjiptono, Fandy. 2004. Perspektif Manajemen dan Pemasaran Kontemporer. Penerbit ANDI, Yogyakarta. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Penerbit Andi.Yogyakarta

Tjiptono Fandy dan Chandra Gregorius. 2012. Pemasaran Strategik. Penerbit Andi.Yogyakarta

Hasan, Ali. 2014. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Cetakan ke-2.Yogyakarta.CAPS.

Kotler, Philip & Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi ke-12.Jakarta. Erlangga.

Nico Pratama Onasie.2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Hotel Bintang Lima Pekanbaru. Jurnal Jom Fekon. Vol. 2, No.1.

Roring.F, R.Gulla.,S.G.Orah. 2015. Analisis Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Manado Grace Inn. Jurnal EMBA. Vol.3. No.1

Sangadji, Etta Mamang & Sopiah.2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta : Andi.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV.Alfabeta

Sunyoto, Danang. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Cetakan ke-3.Yogyakarta : CAPS.

Published
2018-09-23