IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI PENJUALAN RUMAH

Khairul Khairul, Ulya IlhamiArsyah, Rian Farta Wijaya, Rahmad Budi Utomo

Abstract


Abstrak: Augmented Reality (AR) adalah suatu lingkungan yang memasukkan objek virtual 3D ke dalam lingkungan nyata secara real-time. Penelitian ini memasukkan teknologi AR ke dalam marker (penanda) atau brosur, sehingga brosur ini menjadi lebih real dengan adanya objek 3D di dalamnya. Aplikasi AR ini memerlukan akses dari kamera smartphone sebagai sumber masukan, kemudian aplikasi ini akan melacak dan mendeteksi marker (penanda), setelah marker terdeteksi model rumah 3D pada brosur akan muncul diatas marker seolah-olah model rumah tersebut nyata.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah aplikasi yang dapat menampilkan model rumah 3D sehingga dapat membantu para pembeli untuk mengetahui dengan baik rumah yang akan dibeli, serta akan mempermudahkan para penjual (seller) rumah sebagai media promosi kepada konsumen. Untuk pembuatan rancangan ini menggunakan software Adobe Photoshop. SketchUp, Unity, danViforia.

 

Kata kunci: Augmented Reality, Unity, Marker, Promosi


Full Text:

PDF

References


Adnin, Siryantini Nurul. Et al. (2016). Pembuatan Aplikasi Catalog 3D Desain Rumah Sebagai Sarana Promosi Dengan Menggunakan Unity 3D. LONTAR KOMPUTER: Vol. 7, No. 1, April 2016 : 2088 -1541

Ardhi, Yudha. (2013). Merancang Media Promosi Unik dan Menarik. Yogyakarta : TAKA Publisher

M. Suparno Sastra. (2017). Aplikasi AutoCAD untuk Finishing dan Rendering Desain. Jakarta : PT Elex MediaKomputindo

Nst, Muhammad Fakhru Rizky dan Hanifa Yasin. (2014). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim. Medan : Jurnal Manajemen & Bisnis Vol 14 No. 02 Oktober 2014: 1693-7619

Pamoedji, Andre Kurniawan. Et al. (2014). Mudah Membuat Game Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dengan Unity 3D. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo

Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Setiawan, Sari Indah Anatta. (2011). Google SketchUp Perangkat ALternatif dalam Permodelan 3D. SofTech Tanggerang, ULTIMATICS: Vol. III, No. 2 Desember 2011 : 2085-4552

Utomo, Dimas Setyo. Et al. (2017). Implementasi Mobile Augmented Reality Pada Aplikasi Pemilihan Sarana dan Prasarana Laboratorium Sekolah Menengah Atas. Universitas Brawijaya : Jurnal Pengembangan Teknologi Informasin dan Ilmu Komputer Vol. 1, No. 3, Maret 2017: 2548-964X

Wicaksono, Andie A dan Endah Tisnawati (2014). Teori Interior. Jakarta : Griya Kreasi (Penebar Swadaya


Article Metrics

Abstract view : 2052 times
PDF - 2720 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.