PENGARUH GAYA HIDUP HEDONIS DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MAHASISWA

Delyana Rahmawany Pulungan, Murviana Koto, Lena Syahfitri

Abstract


Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh gaya hidup hedonis dan kecerdasan emosional terhadap perilaku keuangan yang dimiliki oleh mahasiswa. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), pada semester genap 2017-2018 yaitu 4,053 mahasiswa.Sampel penelitian diambil sebanyak 100 orang, menggunakan teknik pengambilan sampel secara acak. Hasil penelitian membuktikan bahwa gaya hidup hedonis dan kecerdasan emosional mahasiswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan mahasiswa. Kecerdasan emosional merupakan faktor yang memberikan pengaruh paling kuat dan besar terhadap perilaku keuangan mahasiswa.

 

Kata kunci:Gaya hidup, hedonis,Kecerdasan emosional, Perilaku keuangan


Full Text:

PDF

References


Ameriks, J., Wranik, T., & Salovey, P. (2009). Emotional Intelligence and Investor Behavior. The Reseach Foundation of CFA Institute.

Elliehausen, Gregory. E Lundquist Christopher, S. M. E. (2007). The Impact of Credit Counseling on Subsequent Borrower Behavior. Journal of Consumer Affairs, 41(1), 1–28.

Ferrinadewi, E. (2016). Pengaruh Nilai-Nilai Hedonis dan Konsep DiriTerhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Pada Loyalitas Merek di Surabaya (Studi Pada Pembelian Barang Mewah ). E-Jurnal Manajemen Kinerja, 2(2).

Kirgiz, A. (2014). Hedonism, A Consumer Disease of The Modern Age: Gender And Hedonic Shopping in Turkey. Global

Media Journal, 4(8), 200–212.

Nofsinger, J. R. (2005). Psychology of Investing (Second). New Jersey: Precentice-Hall Inc.

Smith, B. (2009). The Emotional Intelligence of Money : A Case for Financial Coaching The Emotional Intelligence of Money : A Case for Financial Coaching. The International Journal of Coaching in Organizations (IJCO), 7(4), 78–94.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Suryanto. (2017). Pola Perilaku Keuangan Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, 7(1), 11–20.

Wahyuningsih, W., & Fatmawati, I. (2016). The Influence Of Hedonic Lifestyle, Shopping Addiction, Fashion Involvement On Global Brand Impulse Buying. JBTI, 7(2), 278–300.


Article Metrics

Abstract view : 10316 times
PDF - 9368 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.