ANALISA PENEGAKKAN HUKUM KONSUMEN TERHADAP PERKEMBANGAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT

Rahmat Suhargon

Abstract


 

Abstrak: Perkembangan hukum yang berkaitan dengan konsumen mulai berkembang dengan pesat, sebab selama ini konsumen merasa begitu banyak dirugikan. Perlindungan konsumen, merupakan suatu hal yang menjadi polemik dalam meningkatkan kualitas perusahaan atau pun usaha yang dilakukan oleh Pelaku usaha atau Produsen. Dalam banyak karangan atau tulisan mengenai perlindungan kosumen memang ditunjukkan bahwa masalah perlindungan konsumen sudah sejak lama menjadi pokok perhatian meskipun tidak secara spesifik dibicarakan. Namun,  membahas masalah perlindungan konsumen sebagai masalah hukum tersendiri adalah suatu hal yang baru. Untuk mengatasi berbagai permasalahan berkaitan konsumen dikeluarkan UU Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen diundangkan pada tanggal 20 April 1999 dalam Lembaran Negara Tahun 1999 Nomor 42, dan berlaku efektif satu tahun setelah diundangkan, yaitu sejak tanggal 20 April 2000. Penyesaian sengketa di luar peradilan disebutkan dalan  pasal 45 ayat 2,3,4. penyelesaian sengketa di luar pengadilan dalam bentuk ganti kerugian. Penegakan hukum perlindungan konsumen bukan saja hanya sebatas memberikan perlindungan terhadap hak-hak konsumen sebagai penikmat barang / jasa saja. Namun juga memberikan peranan dalam salah satu upaya pembangunan ekonomi bangsa.

 

Kata Kunci : Penegakkan hukum, Perekonomian Masyarakat

 


Full Text:

PDF

References


Mubyarto. (1994). Sistem dan Moral Ekonomi Indonesia. LP3ES. Jakarta.

Nasution, AZ. (1994). Iklan dan konsumen (tinjauan dari sudut hokum dan perlindungan konsumen) dalam manajemen dan usahawan Indonesia, LPM FE-UI. Jakarta.

Rajagukguk, Erman. (2000). Peranan Hukum di Indonesia, Menjaga Persatuan, memulihkan Ekonomi dan memperluas kesejahteraan sosial, pidato yang disampaikan pada diesnatalis dan peringatan Tahun Emas Universitas Indonesia, Kampus UI Depok.

Sidabalok, Janus. (2006) Hukum Perlindungan Konsumen Di Indonesia. PT. Citra Aditya Bakti. Bandung.

Tumantara Endipraja, Firman. (2016). Hukum Perlindungan Konsumen Filosofi Perlindungan Konsumen dalam Prespektif Politik Hukum Negara Kesejahteraan. Setara Press.

Gunawan Widjaja dan Ahamad Yani. (2001). Hukum Tentang Perlindungan Konsumen, PT.Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 242 times
PDF - 176 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.