STRATEGI PENGEMBANGAN PULAU TIKUS PROVINSI BENGKULU
Abstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan pariwisata pulau tikus provinsi Bengkulu dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif eksploratif, dengan menggunakan primer (observasi dan kuisiner) dan data sekunder diperoleh Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, dengan sampel dalam penelitian ini berjumlah 125 orang. Metode Analisis data menggunakan Uji Reliabilitas dan Analisis SWOT. Hasil analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity dan Treaths) menunjukkan bahwa strategi pengembangan pariwisata pulau tikus provinsi Bengkulu yang terdiri dari faktor strategis internal (IFAS) terdiri dari Kekuatan (Strength) dan kelemahan (Weakness) memperoleh total skor sebesar 4,28 dan kekuatan (Strength) sebesar 2,27, ini berarti bahwa objek wisata pulau tikus Bengkulu memiliki kekuatan (Strength) yang lebih besar dari kelemahan (Weakness). Sedangkan faktor eksternal (EFAS), yang terdiri dari peluang (Opportunity) dan Ancaman (Treaths) dengan total skor sebesar 4,25 dan peluang (Opportunity) sebesar 2,32 yang berarti objek wisata pulau tikus Bengkulu memiliki peluang (Opportunity) yang lebih besar dari ancaman (Treaths). Titik pertemuan antara kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman berada kuadran I yang berarti strategi yang diterapkan adalah mendukung strategy aggresive. Pada kuadran I ini menjunjukkan bahwa objek wisata pulau tikus provinsi Bengkulu memiliki peluang (Opportunity) dan Kelemahan (Weakness) yang sama besar sehingga, strategi yang dapat diterapkan adalah mendukung kebijaksanaan yang agresif (Growth Oriented Strategy yaitu dengan cara Pengembangan transportasi dan sarana pendukung ke kawasan objek wisata pulau tikus
Kata kunci : Strategi pengembangan parawisata, analisis SWOT
References
Fahmi, Irham. 2013. Manajemen Risiko. Bandung. Alfabeta
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketiga. Semarang: Badan Penerbit
Universitas Diponegoro.
Hasan, Ali. 2015. Tourism Marketing. Jakarta: Centre for academic publishing service.
Halim, Abdul. 2004. Akuntansi Keuangan Daerah. Salemba Empat. Jakarta.
Pani. 2014. Strategi Pengembangan Pariwisata Oleh Pemerintah Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah (Studi pada Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Mojokero). Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol.2, No.2, Hal. 325-331.
Pitana, I Gede dan Gayatri, Putu. 2005. Sosiologi Pariwsata. Yogyakarta : Andi
Rangkuti, Freddy. 2002. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta
:Gramedia
Reksohadiprodjo, Sukanto. 2000. Manajemen Strategi. Yogyakarta.BPFE
Ridjal D. Samsul, 1997. Peluang Pariwisata Mutiara Sumber Widya, Benih Kecerdasan.