STRATEGI PENGEMBANGAN PULAU TIKUS PROVINSI BENGKULU

Herlin Herlin, Rina Trisna Yanti

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui bagaimana strategi pengembangan pariwisata pulau tikus provinsi Bengkulu dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif  eksploratif, dengan menggunakan primer (observasi dan kuisiner) dan data sekunder diperoleh Dinas  Pariwisata Provinsi Bengkulu, dengan sampel  dalam penelitian ini berjumlah 125 orang. Metode Analisis data menggunakan Uji Reliabilitas dan Analisis SWOT. Hasil analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity dan Treaths) menunjukkan bahwa strategi pengembangan pariwisata pulau tikus provinsi Bengkulu yang terdiri dari faktor strategis internal (IFAS) terdiri dari Kekuatan (Strength) dan kelemahan (Weakness)  memperoleh total skor sebesar 4,28 dan  kekuatan (Strength)  sebesar 2,27, ini berarti bahwa objek wisata pulau tikus Bengkulu memiliki kekuatan (Strength) yang lebih besar dari kelemahan (Weakness). Sedangkan faktor eksternal (EFAS), yang terdiri dari peluang (Opportunity) dan Ancaman (Treaths)  dengan  total skor sebesar 4,25 dan peluang (Opportunity) sebesar 2,32 yang berarti objek wisata pulau tikus Bengkulu memiliki peluang (Opportunity) yang lebih besar dari  ancaman (Treaths). Titik pertemuan antara kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman berada kuadran I yang berarti strategi yang diterapkan adalah mendukung strategy aggresive. Pada kuadran I ini menjunjukkan bahwa objek wisata pulau tikus provinsi Bengkulu memiliki peluang (Opportunity) dan Kelemahan (Weakness) yang sama besar sehingga, strategi yang dapat diterapkan adalah mendukung kebijaksanaan yang agresif (Growth Oriented Strategy  yaitu dengan cara  Pengembangan transportasi  dan sarana pendukung  ke kawasan objek wisata pulau tikus

 

Kata kunci : Strategi pengembangan parawisata, analisis SWOT


Full Text:

PDF

References


Fahmi, Irham. 2013. Manajemen Risiko. Bandung. Alfabeta

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketiga. Semarang: Badan Penerbit

Universitas Diponegoro.

Hasan, Ali. 2015. Tourism Marketing. Jakarta: Centre for academic publishing service.

Halim, Abdul. 2004. Akuntansi Keuangan Daerah. Salemba Empat. Jakarta.

Pani. 2014. Strategi Pengembangan Pariwisata Oleh Pemerintah Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah (Studi pada Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Mojokero). Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol.2, No.2, Hal. 325-331.

Pitana, I Gede dan Gayatri, Putu. 2005. Sosiologi Pariwsata. Yogyakarta : Andi

Rangkuti, Freddy. 2002. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta

:Gramedia

Reksohadiprodjo, Sukanto. 2000. Manajemen Strategi. Yogyakarta.BPFE

Ridjal D. Samsul, 1997. Peluang Pariwisata Mutiara Sumber Widya, Benih Kecerdasan.


Article Metrics

Abstract view : 657 times
PDF - 392 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.