PERANCANGAN E-LEARNING MENGGUNAKAN OFFICE 365 DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR

Suprianto Suprianto

Abstract


Abstrak: Salah satu upaya mencerdaskan kehidupan bangsa yaitu meningkatkan ilmu pengetahuan dalam proses pendidikan yang merupakan bagian tugas pendidik. Pendidik harus senantiasa meningkatkan kemampuan dan inovasinya untuk memberikan pengajaran yang baik dan bermutu. Penelitian ini bertujuan untuk membuat e-learning menggunakan office 365 untuk proses belajar mengajar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu merancang e-learning menggunakan office 365 hingga didapatkan hasil perancangan e-learning yang baik. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah e-learning yang didalamnya terdapat fasilitas online untuk bekerja secara kolaboratif, berkomunikasi online menggunakan chat, audio maupun video,  absensi online, ujian online, kuliah jarak jauh,  fasilitas jurnal, buku dan bahan kuliah serta lembar penugasan on line. Simpulan dari penelitian ini dapat diringkas yaitu perancangan e-learning yang komunikatif dan kolaboratif dapat dibuat hanya dengan satu paket aplikasi Office 365 dan pemanfaatan teknologi pendidikan modern mampu dan secara gratis dapat difasilitasi dengan Office 365. Penelitian ini diharapkan memberikan motivasi pendidik untuk menerapkan e-learning dalam kegiatan belajar mengajar sehingga diharapkan kualitas dan proses transformasi ilmu dapat berjalan baik dan lancar. kegiatan penelitian dilakukan diruang laboratorium komputer Teknik Listrik Politeknik Negeri Medan, perangkat lunak yang digunakan adalah office 365 yaitu outlook, onedrive, forms, sway , one note, class notebook dan teams.

 

Kata kunci :   e-learning , office 365, komunikatif , kolaboratif


Full Text:

PDF

References


Agustina (2013), Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Seminar SNATI Yogyakarta.

Binar, (2012) , E-learning Jaringan Komputer Berbasis Web dan Aplikasi Mobile. Journal Teknik Elektro, Vol.1 No. 2: 75-85. ISSN: 2252-4908.

Elda,B.P.(2013).Perancangan dan Implementasi Aplikasi E-Learning Versi Mobile Berbasis Android. Singuda Ensikom Vol.4 No.3

Erma,S. (2008), Rancang Bangun Aplikasi E- Learning. Jurnal Teknologi, Vol. 1, No. 1: 53-57.

Omer , (2012), Design of an e-Learning Environment for The Course of Electrical Circuit Analysis. Interdisciplinary Journal of e-Learning and Learning Objects.

Rofiq, (2012), Aplikasi E-Learning dalam PBM di STMIK Asia Malang. Jurnal JITIKA, Vol. 6, No. 1: 52-65


Article Metrics

Abstract view : 823 times
PDF - 796 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.