ANALISIS MUTASI KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE TOPSIS

Wan Mariatul Kifti, Rohminatin Rohminatin, Eva Yuni Handayani

Abstract


Abstrak: Karyawan merupakan salah satu aset penting yang dimiliki perusahaan. Mutasi karyawan yang umum dan wajib dilakukan demi kepentingan karyawan itu sendiri maupun perusahaan. Proses mutasi masih dilakukan secara subjektif oleh manajemen suatu organisasi. Sehingga tidak jarang karyawan yang merasa tidak adil pada proses mutasi tersebut. Maka dari permasalahan yang ada, peneliti melakukan penelitian untuk menentukan karyawan yang cocok dimutasi dengan bantuan teknologi informasi. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode TOPSIS (Technique for Others Reference by Similarity to Ideal Solution) diamana metode ini merupakan salah satu metode pada Sistem Pendukung Keputusan. Metode ini membandingkan kriteria-kriteria mutasi karyawan, sehingga diperoleh karyawan yang benar-benar cocok untuk dimutasikan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka diperoleh kriteria – kriteria dalam menentukan karyawan yang pantas untuk dimutasi. Dengan kriteria – kriteria tersebut diharapkan mampu menghasilkan nama karyawan yang memang pantas untuk dimutasi.

 

Kata Kunci : Mutasi, SPK, Topsis


Full Text:

PDF

References


Ma’ruf, M. R. (2016). “Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Menggunakan Metode Topsis Pada Perusahaan Furniture”. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis & Call For Paper FEB UMSIDA.

Marsonom, A. F. B., & Dari, W. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Menu Makanan pada Penderita Obesitas dengan Menggunakan Metode TOPSIS. Jurnal SAINTIKOM, 14.

Mallu, S. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Karyawan Kontrak Menjadi Karyawan Tetap Menggunakan Metode Topsis. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 1(2).

Nugroho, E. S. (2013). Pelaksanaan Mutasi Jabatan Struktural yang Dilakukan oleh Pemerintah Kota Malang (Studi pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik, 1(6), 1123-1130.

Sembiring, M. A. (2017). Penerapan Metode Simple Additive Weighting Sebagai Strategi Pembinaan Kecerdasan Anak. JURTEKSI, 4(1), 65-70.

Wulandari, n.e. (2017). Mutasi Jabatan Di Lingkup Pemerintah


Article Metrics

Abstract view : 452 times
PDF - 263 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.