ANALISIS PEMILIHAN KARYAWAN TELADAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY TSUKAMOTO PADA PT. HARIAN HALUAN SUMBAR MANDIRI

Rizaldi Rizaldi, Febby Madonna Yuma

Abstract


Abstrak: Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk membantu bagian Human Resource Development (HRD) PT. Harian Haluan Sumbar Mandiri untuk memutuskan karyawan yang dianggap tepat mendapatkan predikat teladan. Metode yang digunakan untuk menganalisa data karyawan adalah Fuzzy Tsukamoto. Fuzzy Tsukamoto merupakan salah satu metode fuzzy inferensi yang menyediakan aturan-aturan yang harus dilalui sebelum melakukan proses penentuan nilai akhir. Ada 2 kriteria pokok yang akan di analisis dalam penelitian ini, yaitu Presentase Perilaku Kinerja (PPK) dan Presentase Target Kerja (PTK) yang masing-masing kriteria tersebut memiliki nilai yang diperoleh dari rata-rata nilai beberapa unsur. Hasil akhir setelah melalui proses analisis data karyawan adalah rata-rata nilai terbobot. Kesimpulan yang dapat diambil sebagai rekomendasi keputusan karyawan teladan  dilihat dari urutan nilai, mulai dari tertinggi sampai terendah.

 

Kata kunci: Metode Fuzzy Tsukamoto, Pemilihan Karyawan Teladan, PT. Harian Haluan Sumbar Mandiri


Full Text:

PDF

References


Farouq, K., & M. Sholihin. (2014). Penerapan Fuzzy Tsukamoto Dalam Pengangkatan Jabatan Pegawai Di Bkd Lamongan. Jurnal TeknikA, 6(2), 603–607.

Herrera, F. (2005). Genetic Fuzzy Systems: Status, Critical Considerations and Future Directions. International Journal of Computational Intelligence Research, 1(1), 59–67. https://doi.org/10.5019/j.ijcir.2005.23

Maulana, M. R. (2012). Penilaian kinerja karyawan di Ifun Jaya Textile dengan Metode Fuzzy Simple Addative Weighted, x(1), 1–12.

Rizaldi, & Anggraeni. D. (2016). SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENERIMAAN SISWA BARU DENGAN MENGGUNAKAN METODE LOGIKA FUZZY PADA SEKOLAH MENENGAH TINGKAT ATAS (SMA) NEGERI 1 TANJUNG RAYA AGAM. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(1), 1–10.


Article Metrics

Abstract view : 142 times
PDF - 225 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.