IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATA KULIAH DESAIN WEB

Neni Mulyani

Abstract


Abstrak: Salah satu kompetensi utama lulusan STMIK Royal Kisaran adalah mampu mendesain web dengan baik. Kursus Desain Web bertujuan untuk melatih siswa agar bisa mentransformasikan konsep perencanaan web ke dalam gambar. Salah satu kendala yang dihadapi dalam perkuliahan adalah konsep dan gambar yang dibuat oleh siswa seringkali tidak sesuai dengan tema web. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran berbasis proyek sehingga hasil desain siswa lebih sesuai dengan tema web yang akan dibuat. Kegiatan penelitian ini akan dilakukan dengan penelitian tindakan kelas melalui tahapan sebagai berikut: (1) Pre test, (2) e Perencanaan pembelajaran, (3) Implementasi pembelajaran model pembelajaran berbasis proyek, (4) Monitoring dan evaluasi, untuk melihat (uji) pemodelan, (5) Refleksi dan revisi, (6) Implementasi pembelajaran pada siklus berikutnya, dan (7) Evaluasi hasil belajar. Penelitian ini dilakukan selama empat bulan pada tahun 2017 dengan mengambil lokasi di STMIK Royal Kisaran. Subjek penelitian ini adalah siswa yang mengikuti kursus Desain Web. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Implementasi model pembelajaran berbasis proyek terbukti dapat memperbaiki proses dan hasil belajar siswa selama Desain Web melalui penugasan perencanaan desain web sesuai dengan tema web. Tugas masing-masing disampaikan setiap tatap muka dan ditingkatkan pada tatap muka berikutnya berdasarkan umpan balik yang disampaikan oleh dosen, (2) Pembelajaran model pembelajaran berbasis pembelajaran akan lebih mudah dilaksanakan jika disertai dengan web yang telah diterapkan dalam kondisi nyata. On line.

 

Kata kunci: pembelajaran berbasis proyek, desain web


Full Text:

PDF

References


I Wayan Santyasa (2006). Pembelajaran Inovatif: Model kolaboratif, Basis Proyek, dan Orientasi NOS. Makalah Seminar di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Semarapura Tanggal 27 Desember 2006, di Semarapura

Mahanal, S. & Wibowo, A.L. 2009. Penerapan Pembelajaran Lingkungan Hidup Berbasis Proyek untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis,Penguasaan Konsep, dan Sikap Siswa (Studi di SMAN 9Malang). Makalah Disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Lingkungan Hidup dan Interkonferensi BKPSL. Universitas Negeri Malang. 20-21 Juni 2009-07-15.

Pearlman, Bob (2006). Project-Based Learning: How Students Learn Teamwork, Critical Thinking And Communication Skills. Diakses pada tanggal 5 Maret 2012 dari http://www.masternewmedia.org/project based-learning-how-students-learn- teamwork-critical-thinking-and- communication-skills/#ixzz1nvgy2Fsk.

Pribadi dan Wasis. (2008). Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Praktik Industripada prodi S-1 PTB. Jurnal Penelitian Pendidikan Tahun 18 Nomor 1, Oktober 2008.

Richmond, G. and Striley, J. 2001. Making meaning in classrooms:Social processes in small group discourse and scientific knowledge-building. Diakses pada tanggal 10 Maret 2012 dari (https://www.msu.edu/ course/te/802/science2001/802_Richmon d.htm.

Thomas, John W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning. California: The Autodesk Foundation.


Article Metrics

Abstract view : 261 times
PDF - 190 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.