SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN DOSEN TERBAIK DENGAN METODE WEIGHTED PRODUCT (WP) PADA STMIK ROYAL

Nasrun Marpaung, Masitah Handayani, Rolly Yesputra

Abstract


Abstrak: Peranan dosen pada sebuah perguruan tinggi merupakan salah bagian yang sangat berpengaruh pada kualitas mahasiswa mahasiswi yang dihasilkan. Tentunya dengan standar dosen yang memiliki kualitas lebih dari mahasiswa. Pemberian penghargaan adalah salah satu cara untuk menumbuhkan daya saing positif sesama dosen terhadap tingkat kompetensi dosen dilingkungan kampus demi menghasilkan dosen dengan kualitas terbaik. Sistem Pendukung Keputusan merupakan salah satu alternatif dalam menentukan sebuah keputusan, sehingga penelitian ini dilakukan bertujuan untuk memudahkan Lembaga Perguruan Tinggi (Yayasan) dalam memilih dosen terbaik yang akan mendapatkan penghargaan nantinya. Dalam memebangun sebuah sistem pendukung keputusan tentunya dengan menerapkan metode dalam pengolahan datanya sehingga akan menghasilkan nilai keputusan sesuai dengan yang diharapkan. Adapun metode yang digunakan untuk memproses data dosen untuk menghasilkan data dosen terbaik adalah metode Weighted Product (WP). Untuk mendapatkan hasil kesimpulan akhir sebagai alternatif keputusan untuk menentukan dosen terbaik penelitian ini membutuhkan tahap proses perhitungan pada setiap variabel yang sudah ditentukan nantinya berdasarkan kriteria-kriteria yang ditetapkan oleh pihak lembaga perguruan tinggi.

 

Kata kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Weighted Product (WP), Dosen Terbaik


Full Text:

PDF

References


Firdayana, Septiyana. (2017), Penerapan Metode Weighted Product untuk Menentukan Penerima Bantuan Beras Masyarakat, Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, 2(1) : 2541-366X

Hatta, Heliza Rahamania, et.al. (2016), Penerapan Pen erapan Metode Weighted Product Untuk Pemilihan Lokasi Lahan Baru Pemakaman Muslim Dengan Visualisasi Google Maps, TEKNOSI, 2(3): 85-94.

Handayani, Masitah. (2017), Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerimaan Raskin Di Menggunakan Metode TOPSIS, JURTI, 1(1) : 59-66.

Marpaung, Nasrun. (2018), Penerapan Metode Simple Additive Weighting Pada Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Kenaikan Gaji Karyawan, JURTEKSI, 4(2) : 171-178.

Syahfitri, Nur Arfiah. (2016), Penerapan Metode Weighted Product dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Berbasis Web, 2(1) : 169-176.

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.


Article Metrics

Abstract view : 2276 times
PDF - 2673 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.