IMPLEMENTASI APLIKASI ENKRIPSI DAN DEKRIPSI TEXT PADA VISUAL BASIC .NET MENGUNAKAN ALGORITMA MERKLE HELLMAN KNAPSACK

Mardalius Mardalius

Abstract


Abstrak: Pada saat ini dimasa globalisasi perkembangan teknologi sangatlah pesat terutama teknologi komunikasi dan informasi yang berbasiskan komputer, dimana teknologi menjadi andalan dan kebutuhan masyarakat dunia, sehingga setiap orang dengan mudahnya mengirim dan menerima pesan. Setiap pesan yang dikirim maupun diterima yang sifatnya rahasia maka diperlukanlah keamanan untuk menjaga pesan tersebut agar tidak di ketahui oleh orang lain. Keamanan suatu pesan merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga kerahasiaan pesan itu sendiri, terutama bila pesan tersebut hanya boleh diketahui pihak tertentu saja. Ada banyak cara yang dilakukan untuk menjaga kerahasiaan dimulai dari pengamanan atau perlindungan secara fisik hingga kedalam bentuk algoritma berbasis matematika yang membuat pesan menjadi tidak terbaca.Sehingga pesan yang ada di dalamnya tidak dapat mudah diketahui oleh pihak-pihak yang tidak berhak dan hanya penerima pesan yang mampu menguraikan pesan yang diterimanya. Untuk melindungi akses pesan dari pihak-pihak yang tidak berkepentingan tersebut maka sangat diperlukan enkripsi dan dekripsi. Agar dapat dilakukan  dengan baik, dibutuhkan suatu algoritma untuk enkripsi dan dekripsi. Algoritma yang digunakan disini adalah Algoritma Merkle Hellman Knapsack yang kemudian diiplementasikan dalam bentuk aplikasi menggunakan Bahasa pemprograman Visual Basic.Net.

 

Kata kunci: Enkripsi, Dekripsi, Merkle Hellman Knapsack, Visual Basic.Net


Full Text:

PDF

References


Murdani, M. (2017). Perancangan Aplikasi Keamanan Data Teks Menggunakan Algoritma Merkle Hellman Knapsack. Pelita Informatika: Informasi Dan Informatika, 16(3).

Fadlan, M., & Hadriansa, H. (2017). Rekayasa Aplikasi Kriptografi dengan Penerapan Kombinasi Algoritma Knapsack Merkle Hellman dan Affine Cipher. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 4(4), 268-27.

Primartha, R. (2014). Penerapan enkripsi dan dekripsi file menggunakan algoritma Data Encryption Standard (DES). Jurnal Sistem Informasi, 3(2).

Hidayat, A., & Akmal, R. R. Cryptography Asymmetries Merkle-Hellman Knapsack Digunakan untuk Enkripsi dan Dekripsi Teks.

Hasugian, A. H. (2013). Implementasi Algoritma Hill Cipher Dalam Penyandian Data. Pelita Informatika Budi Darma, 4(2), 115-122.


Article Metrics

Abstract view : 362 times
PDF - 391 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.