PROTOTIPE ROBOT PENGANGKAT BARANG DENGAN PERINTAH SUARA BERBASIS ANDROID

Jhonson Efendi Hutagalung, Hidyatullah Hidyatullah

Abstract


Abstrak: Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju, teknologi robot merupakan alat yang dapat digunakan sebagai alat bantu manusia yang memiliki beberapa kelebihan. Kelebihan tersebut salah satunya adalah dapat digunakan pada tempat-tempat yang tidak memungkinkan atau berbahaya bagi manusia. Dan juga untuk membantu pekerjaan manusia, maka dibuatlah alat atau robot yang sebenarnya yang bukan lagi miniatur ataupun prototipe.Penggunaan robot tidaklah lepas dari fungsi motor driver itu sendiri dan Arduino Uno. Misalnya saja penggunaan robot pengendali Android yang dibuat ini, untuk mengerakkan motor dc tersebut, kita harus menggunakan driver motor DC dengan agar jalan motor dapat maju, mundur dan berputar.  Untuk mengendalikan robot sudah menggunakan koneksi bluetooth dan dikendalikan dari smartphone Android.

 

Kata kunci: Robot, Driver, Mikrokontroler, Arduino Uno, Motor DC


Full Text:

PDF

References


Dr. M. Narayana. (2014). Voice Control Robot using Android Aplication. International Journal Of Enggineering Innovation & Research .Vol. 4. Issue 2 ISSN: 2277-5668 Tes Kemampuan Fisik Atlet. Jurnal Informatika Volume 2 Nomor 2.

Davis F. Sumajouw. (2015). Perancangan Sistem Keamanan Rumah Tinggal

Terkendali Jarak Jauh. E-journal Teknik Elektro dan Komputer, ISSN : 2301-8402.

Devid Prastyawan. (2012). Implementasi Model Robot Edukasi Menggunakan Mikrokontroler Atmega8 Untuk Robot Pemadam. Apijns– Indonesian Journal on Networking and Security - ISSN: 2302-5700.

Fanny Andreas, dkk. (2015). Rancang Bangun Sistem Kontrol dan Pemonitororan Lampu Rumah dengan Android. Jurnal Coding, Sistem Komputer Untan.

M. Dwisnanto Putra. (2017). Robot Pintar Penyambut Costumer pada Pusat Perbelanjaan Kota Manado. Jurnal Rekayasa Elektrika. Terakreditasi Ristekdikti No. 36b/E/KPT/2016. Volume 13 Nomor 1.

Mohammad Hamdani. (2010). Pengendalian Kecepatan Putaran Motor Terhadap Perubahan Temeperatur Pada Sistem Modulasi Pulsa. Depok. Departemen Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Muhammad Ichwan. (2013). Pembangunan Prototipe Sistem Pengendalian Perralatan Listrik Pada Platform Android. Jurnala Informatika. No.1. Vol.4 Januari 2013. ISSN: 2087-5266

Indra Pati. (2012). Robot Pengintai Menggunakan PC Berbasis Mikrokontoler 89S51. Universitas Guna Darma, Depok.

Rafiuddin Syam, PhD. (2013). Dasar-dasara Teknik Sensor. Fakultas Teknik Univ.Hasanuddin.

Siswo Wadoyo. (2014). Pengantar Mikrokontroler dan Aplikasi pada Arduino. Yogjakarta. Penerbit Teknosain

Zaratul Nisa Saputri. (2014). Aplilkasi Pengenalan Suara Sebagai Pengendalaian Peralatan listrik Berbasis Aduino Uno. Jurnal Teknik elektro UNBRAW.


Article Metrics

Abstract view : 343 times
PDF - 222 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.