ANALISIS PEMILIHAN HANDPHONE REKOMENDASI DENGAN METODE WEIGHTED PRODUCT

Guntur Maha Putra, Novica Irawati

Abstract


Abstrak: Handphone merupakan perangkat telekomunikasi elektronik yang sudah menjadi kebutuhan utama saat ini yang dilengkapi dengan kelebihan dari fitur-fitur yang dimiliki masing-masing perangkatnya. Banyaknya keluaran atau terobosan baru dari vendor-vendor produsen handphone membuat konsumen harus jeli memilih handphone yang tepat untuk digunakan dalam aktivitasnya. Ketidakpahaman akan kelebihan dan kekurangan dari handphone yang dipilih secara terukur dapat menyebabkan kerugian bagi konsumen yang menggunakannya berdasarkan tingkat kepentingan masing-masing. Pada penelitian ini akan dilakukan analisis perhitungan dari beberapa data alternatife handphone berdasarkan kriteria-kriteria /atribut yang ditetapkan menggunakan metode weighted product yang dapat menyelesaian masalah dengan cara perkalian untuk menghubungkan rating attribute dengan atribut bobot yang bersangkutan. Diharapkan dengan konsep analisis perhitungan ini dapat menjadi landasan pengetahuan mengenai metode weighted product khususnya dalam hal pemilihan handphone rekomendasi, serta sebagai dasar sketsa untuk pengembangan implementasi metode weighted product ke dalam program aplikasi sistem pendukung keputusan kedepannya.

 

Kata kunci: handphone, kriteria, alternatife, weighted product

Full Text:

PDF

References


Abbas, I. (2016). Penerapan Metode Weighted Product ( WP ) Berbasis Sistem Pengambilan Keputusan Untuk Pemberian Dana Bantuan Mandiri Desa Wisata pada Dinas Perhubungan Pariwisata. Informatika UPGRIS, 2(1), 56–62. https://doi.org/2460-4801

Devis, W., Khairina, D. M., & Hatta, H. R. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Web Untuk Pemilihan Produk Asuransi Bagi Calon Nasabah ( Weighted Product ) ( Studi Kasus : PT . Prudential Life Anssurance Samarinda ).

Fauzan, R., Fitri, R., & Fadliansyah, M. (2017). Sistem informasi penjurusan dan penerimaan peserta didik baru menggunakan metode weighted product, 1(1), 11–22.

Khairina, D. M., Ivando, D., & Maharani, S. (2016). Implementasi Metode Weighted Product Untuk Aplikasi Pemilihan Smartphone Android. Jurnal Infotel, 8(1), 1–8. https://doi.org/2085-3688

Komara, A. D., Djamal, E. C., & Renaldi, F. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Pemadaman Hotspot Kebakaran Hutan dan Lahan Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process dan Weighted Product. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 2(3), 382–392.

Muslimin B, S. K. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan Metode Weighted Product ( Studi Kasus : Dosen Stmik Balikpapan ), 1(Snrik), 1–7.

N.Syafitri, Sutradi, & Dewi, A. (2007). Penerapan Metode Weighted Product Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Berbasis Web. SemanTIK, 2(1), 169–176.

Supriyono, H., & Sari, C. P. (2015). Pemilihan Rumah Tinggal Menggunakan Metode Weighted Product. Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 1(1), 23–28.


Article Metrics

Abstract view : 1351 times
PDF - 1317 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.