PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ALGORITMA DAN PEMOGRAMAN DENGAN MENERAPKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MULTIMEDIA

Arridha Zikra Syah

Abstract


Abstrak : STMIK Royal terletak di jantung kabupaten Asahan, namun mahasiswa yang berkuliah di sini ada yang memiliki tempat tinggal yang jauh dari jangkauan teknologi informasi. Hal tersebut menyebabkan penyerapan pembelajaran yang diberikan tidak merata. Selain itu inisiatif mahasiswa memproses materi ajar dari yang diberikan untuk didalami menggunakan segala referensi bersifat online maupun offline sangatlah kurang. Oleh karenanya dibutuhkan suatu sarana agar materi yang disampaikan optimal. Upaya yang diberikan adalah dengan meringkas pertemuan tanpa mengurangi materi menggunakan media interaktif yang merupakan bagian implementasi dari metode ajar Problem Based Instruction. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif ditambah dengan metode pengembangan perangkat lunak. Media Pembelajaran yang dihasilkan akan diuji melalui tanggapan dari beberapa ahli. Ahli Multimedia dan Pemograman menanggapi relavansi kontain materi yang disajikan berupa rumusan tujuan pembelajaran sudah menjelaskan isi dari materi serta penambahan petunjuk pengoperasian, dan pengembangan konversi data untuk dapat beralih ke database yang mempunyai daya tampung besar, serta penambahan animasi bergerak untuk menggambarkan kasus. Sementara ahli media pembelajaran menanggapi hasil pengembangan tersebut berdampak positif terhadap pembelajaran. Ahli metode pembelajaran menanggapi rancangan pembelajaran secara umum komponen  seperti halaman bab, penulisan isi materi, Tujuan umum dan Tujuan khusus, fasilitas korespondensi. Beberapa saran perbaikan juga diberikan berupa penyajian rangkuman, serta dilihat lagi jika ada kesalahan ketik pada uraian isi materi. Hasil observasi di lapangan diperoleh rerata perkembangan mencapai point 3 dari pengskalaan 4. Dengan kata lain media pembelajaran yang telah dirancang memberikan hasil walau tidak sempurna.

 

Kata Kunci: Aplikasi Pembelajaran, Multimedia, Problem Base Instruction, Algoritma dan Pemograman

 


Full Text:

PDF

References


Budiman, Permana.2014. Microsoft Office Power Point. Yogyakarta: Elex Media Kompotindo.

Hamadin, dkk. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Tik Dengan Pendekatan Saintifik. (Online). Diperoleh dari jurnal.fkip.unila.ac.id tanggal 10 September 2017.

Khotimah. 2008. Media Pembelajaran. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Sunardi. 2017. Pemanfaatan Microsoft Powerpoint sebagai Media Pembelajaran. (Online). Diperoleh dari lp3m.unimus.ac.id tanggal 12 September 2017.

Darudiato, Suprato. 2006. Analisis dan Perancangan Aplikasi Perangkat Ajar Berbasis Media. (Online). Diperoleh dari http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/sitekin/article/view/599 tanggal 8 September 2017.


Article Metrics

Abstract view : 299 times
PDF - 557 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.