APLIKASI SIMULASI UJI COBA (TRYOUT) UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (UNBK) TAHUN 2018

Ada Udi Firmansyah

Abstract


Abstrak: Evaluasi hasil pembelajaran yang berfokuskan pada Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bertujuan untuk menilai pencapaian siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) secara nasional pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Kegiatan Try Out diadakan untuk melatih siswa dalam menjawab soal-soal Ujian Nasional. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah aplikasi Tryout Ujian Nasional berbasis Multimedia. Pengembangan aplikasi ini menggunakan pengembangan aplikasi hybrid dengan adanya Adobe Flash sebagai back-end sistem dan aplikasi multimedia sebagai front-end sistem. Jenis Tryout yang ada pada aplikasi ini disesuaikan dengan Try out konvensional dengan ditambah fitur latihan dengan soal yang lebih banyak dan bervariasi. Berdasarkan hasil pengujian aplikasi yang diikuti oleh 30 responden siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP), hasil tes aplikasi Try out Ujian Nasional berbasis multimedia memiliki kesesuaian dan dinyatakan layak dengan presentase hasil 93% untuk dijadikan sebagai alat bantu untuk membantu siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam persiapan menjelang Ujian NasionalHasil dan pembahasan terkait implementasi UNBK di SMP Negeri 7 Kisaran yaitu dilihat dari model Edwards sebagian besar sudah dijalankan dengan baik, seperti komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi. Namun, sistem komunikasi yang dilakukan Pemerintah Pusat yang masih kurang, khususnya dalam pemberian informasi. Saran penelitian pemerintah pusat seharusnya memberikan perwakilan dari pihak Pemerintah Pusat agar dapat berdiskusi secara langsung, selain itu pemerintah seharusnya mempertimbangkan kembali daerah-daerah yang akan melaksanakan UNBK dan bagi pihak sekolah penyelenggara UNBK diharapkan lebih meningkatkan sarana dan prasarana.

 

Kata kunci: Aplikasi, Media, Multimedia, Implementasi, Kebijakan, Ujian Nasional Berbasis Komputer


Full Text:

PDF

References


Heinich, media Pembelajaran Alat saluran Komunikasi, 1993 Munir, Multimedia Konsep dan Aplikasi, 2013

Sunyoto, Andi, Adobe Flash + XML = Rich Multimedia Application, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2010.

Susilana, Riyana Media Pembelajaran, Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian, Surabaya. 2009

BNSP 0031//BNSP/III/2017 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2017/2018

Marhatta, Edy. 2015. Kesiapan Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer Bagi Siswa Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK N 2

Nurhidayat, Arif. 2016. Implementasi Ujian Nasional Berbasis Komputer atau Computer Based Test (CBT) di SMA Negeri 1 Wonosari. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor 0031/P/BSNP/III/2015 Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian nasional Tahun Pelajaran 2014/2015.

Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor 0034/P/BSNP/XII/2015 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian nasional Tahun Pelajaran 2017/2018.

Rahayu, Isti Woso. Perancangan Aplikasi Sistem Manjemen Inventori

Sebagai Penunjang Sistem Paperless. Yogyakarta: 17-18 Juni 2011

Sutabri, Tata 2012. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta

Tata Distro Kabupaten Pacitan. Jakarta: Septemeber 2015, Vol 3 Telekomunikasi Indonesia (Persero) Berbasis Web. Bandung: Oktober 2012, Vol 1

Tohari, Hamim. 2014. Analisis Serta Perancangan Sistem Informasi Melalui

Widianti, Utami Dewi. Pembangunan Sistem Informasi Aset Di PT.Industri


Article Metrics

Abstract view : 626 times
PDF - 1019 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.