ANALISIS PEMILIHAN PERUMAHAN KPR MENGGUNAKAN METODE AHP

Zulfi Azhar, Masitah Handayani

Abstract


Abstrak: Pertumbuhan perumahan Kredit perumahan Rakyat (KPR) dikarenakan adanya subsidi dari pemerintah sehingga masyarakat memiliki kemudahan minimal dari sisi harga. . Maka dari itu konsumen harus jeli dalam memilih perumahan dengan mempertimbangkan segala hal yang dimasudkan agar tidak salah dalam membeli rumah. Kekurangpahaman masyarakat akan kualitas bangunan, kelengkapan legalitas yang harus dimiliki, sarana dan  prasarana  perumahan  saat  membeli  perumahan  dapat  mengakibatkan kerugian   bagi pembeli  perumahan   tersebut Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana memilih perumahan   yang   tepat menggunakan metode Analytical   Hierarchy   Process (AHP).hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode AHP dapat membantu menganalisis faktor/kriteria prioritas dalam  memilih perumahan KPR yang baik bagi masyarakat.

 

Kata Kunci : SPK, Perumahan, Pemilihan


Full Text:

PDF

References


Andayati, Dina. (2010). Sistem Pendukung Keputusan Pra-Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PSB) Online Yogyakarta. Jurnal Teknologi. Vol 3 No 2. hal 145-153.

Makkasau, K. (2013). Penggunaan metode Analytic Hierarchy Process (AHP) dalam penentuan prioritas program kesehatan (studi kasus program Promosi Kesehatan). J@ ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 7(2), 105-112.

Saaty, T.L., 1990, The Analytic Hierarchy Process, McGraw-Hill, New York.

Sembiring, M. A. (2017). Penerapan Metode Simple Additive Weighting Sebagai Strategi Pembinaan Kecerdasan Anak. JURTEKSI, 4(1), 65-70.

Susilo, W.R., dan Munadi, E., (2011). Penggunaan Analitycal Hierarchy Process Untuk penyusunan prioritas proposal penelitian, Jurnal Informatika Pertanian. No. 2, Volume 16.

Widara, Priranda. 2013. Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penilaian Kinerja Pegawai Untuk Kenaikan Jabatan Pegawai Menggunakan Metode Gap Kompetensi(Studi Kasus Perusahaan Perkasa Jaya Compuretail). Jurnal Sarjana Teknik Informatika. SSN: 2338-5197. Vol 1 No.2. hal. 574-583.


Article Metrics

Abstract view : 863 times
PDF - 826 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.